Dinas Perikanan dan Peternakan Bartim akan Lakukan Restocking 79.500 Benih Ikan

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Mishael mengakui bahwa populasi ikan di perairan umum Kabupaten Barito Timur menurun drastis, terkait itu pihaknya akan melakukan restocking dengan menebar benih ikan.

Hal ini disampaikan Mishael dengan didampingi Kabid Perikanan Noveta Wijayanti diruang kerjanya, pada Senin 22 Maret 2021 mengatakan bahwa sekarang masyarakat sangat sulit mendapatkan ikan saat memancing dan kalaupun dapat ikannya kecil-kecil.

“Beberapa penyebab menurunnya populasi ikan diantaranya karena aktivitas perusahaan pertambangan, perusahaan perkebunan sawit yang menyebabkan kerusakan pada habitat ikan maupun penangkapan ikan yang dilakukan masyarakat dengan cara menyetrum” ungkap Mishael.

Lanjutnya, melihat kondisi tersebut Dinas Perikanan dan Peternakan akan melakukan restocking dengan menebar benih ikan di beberapa lokasi yang telah dipilih dengan melakukan survey di lapangan.

“Yang pasti kita akan menebar di perairan yang tidak tercemar. Rencananya akan ditebar benih ikan patin sebanyak 30.000 ekor, nila 34.500 ekor dan ikan gurame 15.000 ekor” jelasnya.

Untuk menunjang keberhasilan program restocking ikan ini, Dinas Perikanan dan Peternakan telah menjalin kerjasama dengan TNI dan Polri untuk membentuk kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) perairan.

“Pokmaswas ini juga melibatkan masyarakat untuk mengawasi agar benih ikan yang di tebar tersebut tidak ditangkap sebelum cukup umur serta mengawasi agar tidak menangkap ikan dengan cara menyetrum atau meracuni air” terang Mishael.

Dia berharap, program yang restocking yang akan dimulai pada bulan Juli nanti didukung sepenuhnya oleh masyarakat sehingga berhasil meningkatkan kembali populasi ikan di perairan yang akhirnya turut meningkatkan tangkapan ikan masyarakat.

Nanti juga akan dilakukan penanaman rumput kumpai di tempat-tempat restocking agar ikan-ikan dapat berkembang biak dan berlindung di sana, pungkasnya. (Boy)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
ADVERTISEMENT
Login Areal