Permudah Swab Test, RSUD Tamiang Layang Akan Adakan Alat PCR Covid-19

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur akan pengadaan alat tes laboratorium polymerase chain reaction (PCR) covid-19.

Direktur RSUD Tamiang Layang, Vinni Safari saat ditemui di lobby ruang kerjanya, Kamis (1/4/2021) mengatakan secepatnya kita akan usahakan, nanti di bawah kendali dokter spesialis patologi klinik serta analis laboratorium.

“Dengan memiliki alat PCR sendiri, akan memudahkan kita dalam melakukan pemeriksaan sampel swab covid-19, bahkan dalam sehari bisa dilakukan tiga sesi pemeriksaan dengan hasil yang dapat diketahui hari itu juga” ujar Vinni Safari.

Lanjutnya, selama ini untuk mengirim ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya saja memakan waktu satu hari, belum lagi antrian di sana karena sampel yang dikirim dari berbagai daerah. Swab test yang dilakukan hari Senin, bisa hari Jumat baru kita ketahui hasilnya.

Dengan keberadaan alat PCR nanti, evaluasi epidemiologi juga dapat dilakukan setiap hari sehingga pencegahan penyebaran covid-19 semakin optimal.

Selain alat PCR, Pemerintah Kabupaten Barito Timur juga akan membeli GeNose yang akan ditempatkan di RSUD Tamiang Layang dan seluruh puskesmas.

GeNose adalah alat deteksi covid-19 melalui hembusan nafas yang dikembangkan oleh Universitas Gajah Mada melalui teknologi kecerdasan buatan. Orang yang diperiksa menghembuskan nafas ke kantong sekali pakai untuk kemudian dianalisis oleh GeNose.

“Kalau Genos di RSUD cuma satu saja, nanti akan kami tempatkan di UGD karena disana yang butuh cepat” ujar Vinny.

Sebagaimana kita ketahui, akumulasi positif covid-19 hingga hari ini di Barito Timur berjumlah 926 kasus, 787 orang diantaranya telah sembuh, 127 orang masih dalam perawatan dan 12 orang meninggal dunia, pungkasnya. (Boy)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
ADVERTISEMENT
Login Areal