Tanggul Jebol, Warga Kleseleon Takut Banjir Susulan

Malaka, NTT, deliknews – Banjir di desa Klseleon akibat tingginya curah hujan selama sepekan membuat tanggul sungai Benenai jebol di desa Klseleon Kecamatan Weliman pada Kamis 1/4/2021 sekitar pukul 21.00

Akhir bulan Maret curah hujan di kabupaten Malaka tinggi membuat sungai Benenai kewalahan nenampung air hujan. Dampak curah hujan tinggi membuat tanggul sungai di desa Klseleon jebol mengakibatkan banjir menggenangi di beberapa desa di Kecamatan Weliman.

Salah satu warga dusun Kleseleon, Maria saat di temui deliknews, Jumat 2/4/2021 di lokasi jebolan tanggul mengatakan dari pagi sekitar jam 08.00 wita, sudah berada di kebun untuk mengangkat jagung yang sudah terendam air banjir.

“Sampai siang ini, belum ada kunjungan dari pihak pemerintah untuk melihat tanggul yang jebol ini. Kami sangat takut sekali kalau ada banjir susulan. Padahal jebolan tanggul ini, kami sudah sampaikan kepada kepala desa” keluh Maria

Lanjutnya, bangunan tanggul yang jebol ini, seingat saya dibangun tahun 2006. Kabupaten Malaka saat itu masih ikut Kabupaten Belu. Semoga aja pemerintah cepat memperbaiki tanggul yang jebol ini.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Kleseleon, Alfons Nahak, Jumat (2/4/2021) mengatakan saya mendapatkan laporan dari warga tadi malam. Sekitar pukul 21.00 lewat saya sampaikan pada warga segera mengamankan barang-barang dan ternak. Sebab kalau tanggul itu jebol sudah jelasĀ  luapan Air kali akan mengakibatkan banjir.

“Jebolnya tanggul itu, saya sudah melaporkan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tadi pagi. Saya sampaikan untuk melakukan penanganan secara darurat sehingga warga bisa terhindar dari banjir kalau hujan lagi” ujar Alfons Nahak.

Untuk sementara yang bisa dilaporkan dari kerugian warga hanya lahan kering seluas 5. HA dan sawah 5. HA terendam banjir. Ada beberapa rumah warga yang terendam air banjir dan untuk korban jiwa tidak ada, pungkasnya.(Dami Atok)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
ADVERTISEMENT
Login Areal