KPK Gelar Rakor Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Pada Pemkab Bartim

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Menindaklanjuti surat Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor B/2148/KSP 00/70-74/03/2021, tertanggal 31 Maret 2021, terkait koordinasi Program Pencegahan Korupsi pada Pemerintahan Kabupaten Barito Timur.

Pemkab Barito Timur menggelar rapat koordinasi monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana aksi program pemberantasan korupsi bersama Tim Koordinasi Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sekaligus melaporkan hasil implementasi program pemberantasan korupsi terintegrasi pada triwulan I Tahun 2021 pada aplikasi monitoring center preventation (MCP), yang dilaksanakan di ruang rapat Bupati Barito Timur. Rabu (7/4/21)

Rapat koordinasi turut dihadiri oleh Bupati Barito Timur, Koordinator Tim Korsupgah KPK, Satuan Organisasi Perangkat Daerah, yakni, BAPPEDA, BPKAD, Bagian Layanan PBJ Sekretariat Daerah, DPMPTSP, Inspektur, BKPSDM, Bagian Organisasi Sekretariat Daerah, DPMD, BAPENDA, Bidang Aset BPKAD, Dinas PUPRPKP, Dinas Kominfo, Kantor ATR/BPN, Developer Properti.

Usai kegiatan tersebut, Bupati Barito Timur Ampera. A. Y. Mebas mengatakan,  pihaknya telah menindak lanjuti rapat yang  sebelumnya digelar di kota Palangka Raya pada hari senin tanggal 5 April 2021 kemarin terkait pencegahan korupsi pada pemerintah daerah se- Kalteng tahun 2021 yang juga turut dilaksanakan secara virtual dan akan menindak lanjuti program-program yang telah di canangkan dari KPK, jelasnya.

“Kita telah mengikuti rapat koordinasi pendampingan dari KPK melanjuti dari rapat kemarin di Palangka Raya untuk 14 kabupaten 1 kota yang digelar se- Kalteng dan rapat tersebut adalah program pencegahan korupsi dari KPK, sekaligus lebih dalam koordinasi untuk lebih teknis ke masing-masing kabupaten, terang Ampera.

“Tadi kita banyak dapat masukan dan akan menindak lanjuti nanti dengan membuat matrik, bagaimana yang lebih cepat dalam rapat tersebut dilakukan pembahasan terkait aset dan pendapatan daerah kita berharap agar kedepannya pengelolaan dalam pemerintahan dapat berjalan lebih baik, dan dengan adanya itu output nya juga sesuai dengan visi misi kita untuk kesejahteraan masyarakat, ucap Ampera.

Ditemui terpisah, Koordinator Tim Korsupgah KPK Septa Adhi Wibawa menyampaikan, kunjungan dari pihaknya adalah lebih teknis diskusi terkait program Monitoring Center Preventation (MCP) yang mana bisa diakses dan dilihat langsung progres capaian pemerintah daerah se Indonesia, salah satunya adalah pemerintah Kabupaten Barito Timur, yang mana secara capaian memang mungkin ada yang harus ditingkatkan, ujarnya.

“Tapi secara pencapaian nasional 64 persen sama dengan pencapaian pemerintah daerah se Kalimantan Tengah 64 persen dan untuk Barito Timur pencapaiannya sekitar 57 persen, ungkapnya.

Harapannya dengan adanya wadah MCP ini bisa memantau dalam artian sejauh mana progres-progres kinerja pemerintahan daerah ini, adapun 8 point area intervensi korsupgah yang menjadi program KPK, diantaranya sebagai berikut:

1. Perencanaan dan Penganggaran APBD
2. Pengadaan Barang dan Jasa
3. Pelayanan Terpadu Satu Pintu
4. Peningkatan Kapabilitas APIP
5. Manajemen ASN
6. Optimalisasi Pendapatan Daerah
7. Manajemen Aset Daerah
8. Tata Kelola Dana Desa

Septa berharap, dengan adanya MCP ini pada  8 poin program dapat benar-benar dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan tentunya dapat dirasakan, pertama kesejahteraan masyarakat, yang kedua kesejahteraan ASN dan yang ketiga dengan adanya pemerintahan yang bersih otomatis secara tidak langsung investor-investor akan masuk, harapnya.

“Aplikasi MCP sudah berjalan dari tahun 2017, aplikasi ini bisa diakses oleh publik dan bisa dipantau langsung, misalkan Barito Timur 57 persen capaiannya apa saja dan berapa poin-poin indikatornya itu bisa dilihat.

Dengan adanya aplikasi MCP ini bisa memberikan gambaran yang utuh terkait pemerintahan yang ada di pemerintah daerah tersebut, pungkas Septa. (Boy)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
ADVERTISEMENT
Login Areal