Drs. H. Zain Alkim: Tidak Boleh Main-Main Menyangkut Pelayanan Publik dan Kepentingan Orang Banyak

  • Whatsapp

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Menyikapi  Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang digelar diruang Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, Senin 26 April 2021.

Ketua Komisi I DPRD Barito Timur, Drs. H. Zain Alkim dari fraksi Partai Perindo angkat bicara dan menyampaikan, ” Dalam hal Ini sebenarnya tidak boleh main-main, karena ini menyangkut pelayanan publik yang menjadi kepentingan orang banyak.

“Intinya disini bagaimana kita memperbaiki manajerialnya, dan ini top managernya. Top managernya secara umum jangan dicampur adukan dengan teknis, kalau teknis ya mereka bagian teknis dan jangan salah menempatkan mereka, kadang-kadang disini kelemahannya, apalagi kalau ada semacam konspirasi dari top manager kita” ujar Drs. H. Zain Alkim saat RDPU

Lanjutnya, kalau kita berpikir secara logika dan rasional saja, kalau sampai rangkap jabatan apalagi ini kepentingan orang banyak yang sangat krusial dan urgen, berpikirlah dua kali kalau pemimpin yang baik dan memperhatikan masyarakat dan kalau pemimpin yang memperhatikan kualitasnya, Belum kita berbicara masalah kualitas, kuantitas saja kita masih belum bisa.

Disini kita jangan menunggu Perda yang ada, Perda yang dulu mungkin masih bisa berlaku, baik prosedur dan SOP nya, karena pemimpin PDAM yang termasuk kriteria perusahaan Daerah, biasanya itukan ada seleksi oleh tim panitia, maksudnya untuk menjaring orang yang profesional dengan kemampuan manajerial dan lain sebagainya.

“Jangan main tunjuk saja, main tunjuk belum tentu kalau dia mampu, jadi kata kuncinya disini adalah manajerialnya, dan kalau manajerialnya sakit akhirnya membawa kearah pelayanan dan lain sebagainya. Tapi kita maklumi seperti kita pernah mengunjungi PDAM Bandarmasih, sejarah mereka juga pasang surut, tapi mereka tetap berupaya memperbaiki manajerialnya, kuncinya disini adalah manajemennya” jelas mantan bupati Bartim dua periode ini.

Lanjutnya, kita harapkan jangan menunggu Perda, nanti bisa berlarut-larut, ayo kita gunakan dulu Perda yang ada, yang penting kita bisa meningkatkan pelayanan PDAM. Jadi jangan dicampur adukan manajerial umum dan teknis. Pimpinan yang baik, dia tidak akan mengintervensi manajerial teknisnya, karena mereka bekerja secara profesional dan mempunyai keahlian khusus, pungkas Zain.

Dalam RDPU tersebut, dibuka oleh Ketua DPRD dan dihadiri oleh Sekda Barito Timur, Asisten I dan II beserta jajaran Kabag, Anggota DPRD dari Partai Perindo dan partai Gerindra, jajaran Kabag PDAM dan perwakilan dari masyarakat. (Boy)

Pos terkait

loading...