Musim Kemarau Diperkirakan Bulan Juni, Ini Penjelasan Kepala BPBD Bartim !

  • Whatsapp

Barito Timur, Kalteng, deliknews – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD Damkar) Kabupaten Barito Timur, Ir. H. Riza Rahmadi. MM menjelaskan, musim kemarau tahun 2021 di Barito Timur diperkirakan dimulai pada bulan Juni.

“Sesuai dengan data dari BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, musim kemarau di Barito Timur akan dimulai pada dasarian kedua atau 10 hari kedua pada bulan Juni 2021,” kata Riza di Tamiang Layang, Selasa, 27 April 2021

Sedangkan puncak kemarau di Kecamatan Benua Lima, Dusun Timur bagian barat, Paju Epat, Dusun Tengah, Karusen Janang, Paku, Pematang Karau, Raren Batuah terjadi pada bulan Agustus, sedangkan Kecamatan Awang, Dusun Timur bagian timur dan Kecamatan Patangkep Tutui puncak kemarau terjadi pada bulan September.

Karena itu, lanjut Riza, dalam waktu satu bulan ke depan BPBD Damkar akan mempersiapkan penetapan siaga darurat kebakaran hutan dan lahan atau karhutla.

“Kami juga sudah mempersiapkan RAB (rencana anggaran biaya) siaga darurat karhutla dengan mempedomani prakiraan cuaca dari BMKG,”¬† imbuhnya.

Menurut Riza, persiapan tersebut juga telah disetujui oleh BPBD Provinsi Kalteng dengan membantu tenda keluarga yang nanti akan digunakan menjadi posko. Selain itu BPBD Provinsi juga memberikan bantuan 10 buah tempat tidur lipat atau v-bed.

Agar masyarakat menghindari pembukaan lahan dengan cara membakar demi menghindari bencana karhutla, saat ini sudah mulai memasuki musim tanam April September, kita tetap mendukung kegiatan tanam yang dilakukan oleh petani, pungkasnya. (Boy)

Pos terkait

loading...