Terkait Dugaan Korupsi, Mantan Kadis Syariat Islam Gayo Lues Ditahan Polisi

  • Whatsapp

Gayo Lues-Terkait dugaan korupsi program karantina Hafiz tahun 2019 dengan nilai anggaran mencapai 12,5 miliar di Dinas Syariat Islam Kabupaten Gayo Lues. Kepolisian Polres setempat telah menetapkan dan menahan Tiga orang tersangka.

Tiga orang tersangka yang ditahan, yakni mantan Kepala Dinas Syariat Islam, berinisial (HS) juga selaku Pengguna Anggaran (PA), dan merangkap sebagai Pejabat Pembuat Komitmen(PA).

Polisi juga menahan tersangka, LM, selaku penyedia Wisma Pondok Indah, serta tersangka, SH, selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

Kapolres Gayo Lues, AKBP Carlie Syahputra, S.I.K, MH, dalam konfensi pers, Rabu (28/04/0/2021, menjelaskan, setelah dilakukan Lidik dan penyidikan, ditemukan pakta-pakta yang mengarah pada dugaan tindak pidana korupsi.

Atas perbuatan tersangka, negara dirugikan, sesui dengan Hasil Audit Kerugian Negara BPKP Perwakilan Provinsi Aceh dengan Nomor: SR-0494/PW01/5/2021, tanggal 4 Maret 2021. Menerangkan bahwa hasil perhitungan kerugian keuangan negara atas Program Peningkatan Sumberdaya Santri, Kegiatan Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Santri Pekerjaan Belanja Makan dan Minum pada Dinas Syariat Islam Kabupaten Gayo Lues Tahun 2019. Telah diuraikan dengan yang merugikan keuangan negara senilai 3,7 miliar lebih.

Akibat perbuatannya, tersangka diancam hukuman minimal 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit 200 juta rupiah dan paling banyak 1 miliar.(Ali Sadikin)

Pos terkait

loading...