Harga Kemiri dan Pinang turun, Menjelang Hari Raya Toke Kewalahan Sediakan Modal

Gayo Lues- Kunjungan Ali muammar selaku dirut pt.bagehara mitra group bertemu dengan pengusaha muda putra terangun kabupaten gayo lues, kelahiran tahun 1995.

Terangun setuasi H-10 ramadhan limpahan barang hasil bumi melonjak akan tetapi harga turun, para tokeh kuwalahan menyediakan uang untuk membayar hasil bumi baik kemiri dan pinang dan jagung.

Asmadi cv. Khadapi selaku tokeh hasil bumi dan expedisi  di kecamatan terangun tripe jaya mengutarakan bahwa,

Sebagaian para masyarakat petani dibidang jagung  selalu meminta bantuan untuk bibit jagung dan pupuk, dikarnakan modal besar kami selaku pengusaha selalu mengusahan memberikan bantuan bibit dan pupuk, akan tetapi dengan kapasitas modal kami juga yang tidak terlalu besar jadi tidak semua permohonan para patani bisa kami berikan terkadang kami memberikan solusi yang lain agar mereka bisa terus bertani.

Asmadi selaku pengusaha muda di kecamatan terangun dan tripejaya menyatakan bahwa minat masyarakat sangat banyak untuk bertani tapi kendala di bibit dan pupuk, semoga  pemerintah bisa merespon keluhan masyarakat baik bantuan bibit jagung atau pupuk.

Harapan kami lapisan masyarakat bisa sukses dalam pertani, jadi hal yang paling penting kami mohon kepada pemerintah bisa memberikan bantuan dalam bentuk apapun, contohnya seperti coklat peran pemerintah bisa memberikan pelatihan agar coklat dari terangun dan tripe jaya bisa berkualitas bagus atau super, bagitu juga dengan patani jagung.

Sekarang kita tau sektor getah pinus saat ini sangat manjanjikan akan tetapi sangat disayangkan untuk pekerja saja harus kita ambil dari jawa dan sumatera padahal nilai penghasilannya sangat manjanjikan, permohonan kami kepada pemerintah agar bisa membuat suatu pelatihan penderes untuk putra daerah gayo lues. Meski komdisi masih pandemik ini merupakan salah satu sebagai peningkat nilai ekonomi masyarakat dimasa pemdemik dan seterusnya nanti.

Sebenarnya sektor penghasilan di kecamatan terangun dan tripejaya bukan hanya di sere wangi dan nilam akan tetapi perlu di garis bawahi di bidang kemiri, jagung, coklat, pinang, cabe, nilam, tembakau dan getah masih ada yang lainnya

Barang kami saja untuk kemiri  60 ton/minggu paling sedikit itu baru dari kami saja belum dari tokeh atau pengusaha yang lain.

Kami percaya masyarakat bisa sukses asalkan pemerintah berperan dalam semua sektor.

Satu hal lagi yang ingin kami beritahukan untuk sekala peminjaman kami berharap dari pihak bank syariah bisa memberikan kemudahan untuk memberikan bantuan mungkin secara teknis kami kurang paham tentang prosedur peminjaman tapi harapan kami semoga bank syariah dapat memberikan bantuan sampai sektor pertanian.

Kami dari PT.Bagehara mitra group banyak mendapat pelajaran dari pengusaha muda yang masih berumur 25 tahun, harapan kami masih banyak lahir pengusaha-pengusaha muda di dataran tinggi gayo, menjadi motivasi kita semunya butuh tekat keberanian dan kemauan.(Ali Sadikin

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
ADVERTISEMENT
Login Areal