Generasi Bangsa Harus Unggul dengan Internet yang Sehat dan Produktif

Bakti Kominfo melaksanakan Seminar Merajut Nusantara bertemakan “Menyiapkan Generasi Bangsa Yang Unggul Dengan Internet Yang Sehat dan Produktif” yang diisi Ir. Alimin Abdullah selaku Anggota Komisi I DPR-RI, Roy Suryo, M.Si selaku Pemerhati Multimedia & Telematika, Fahruroji selaku Public Speaker, Entrepreneur & CEO Bedah Lapak Production, yang mana dalam seminar live streaming tersebut Ir. Alimin Abdullah menyampaikan bahwa “Seiring dengan perkembangan teknologi internet dan penggunaannya dalam kehidupan dan pergaulan, internet telah menjadi sebuah gaya hidup di masyarakat. Bagi mereka internet adalah sebuah alat fungsional yang telah mengubah cara seseorang berinteraksi dengan orang lain, maupun dalam menemukan informasi.

Pemanfaatan teknologi informasi di dunia saat ini dapat diibaratkan sebagai pisau bermata dua.

Di satu sisi banyak keuntungan dan manfaat yang bisa kita dapatkan, diantaranya dengan adanya teknologi informasi dapat mempermudah manusia dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Namun di sisi lain tidak sedikit kerugian yang ditimbulkan dari penggunaan teknologi informasi. Dampak positif dan negatif teknologi terhadap perilaku generasi, dengan adanya internet generasi muda dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia, dengan adanya internet sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan email para remaja dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah, mempermudah proses pembelajaran bagi generasi muda khususnya dibidang pendidikan, mempermudah komunikasi untuk menyambung silaturrahmi antar generasi muda, memudahkan para generasi muda untuk bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi ke tempat penawaran atau penjualan, para generasi muda tidak gagap teknologi, generasi muda dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia sehingga para generasi muda lebih produktif, dampak negative dari perkembangan teknologi bagi generasi muda, para generasi muda akan sering mengunjungi situs – situs yang berbau pornografi, dengan adanya internet, akan dijadikan ajang perjudian online dikalangan generasi muda, terjadinya banyak penipuan dikalangan generasi muda khususnya dibidang transaksi jual beli online, akan menimbulkan banyaknya kejahatan yang terjadi seperti penculikan, pemerkosaan dll.

Manfaat teknologi bagi generasi muda dalam bidang pendidikan, bidang pemerintahan, bidang ekonomi dan bidang kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama Roy Suryo, M.Si selaku Pemerhati Multimedia & Telematika menyampaikan bahwa “Revolusi komunikasi media sosial mengubah cara publik berkomunikasi, berinteraksi, danberkolaborasi, baik itu ditingkat lokal, nasional maupun internasional, media sosial menawarkan cara yang lebih cepat dan tepat untuk berpartisipasii dalam pertukaran informasi publik melalui daring.

Banyakakunmedia sosial yang tidak resmi, banyak akun-akun media sosial yang mengatasnamakan instansi pemerintah sebenarnya bukan akun resmi lembaga yang bersangkutan.

Melainkan akun individu pegawai atau yg berafiliasi dengan lembaga tersebut. Tantangan Cultural Change, tantangan untuk mengetahui dan memahami “social media way of thinking and doing”.

Beliau menuturkan “bagaimana Indonesia menghadapi generasi muda jadi banyak hal yang bisa dipelajari, seperti contoh pada jaman dahulu ingin berfoto sulit harus menyiapkan kamera yang besar sedangkan sekarang berfoto hanya dengan menggunakan HP selfie dengan mudahnya.

Bagaimana teknologi itu berkembang mulai dari kamera yang sangat besar menjadi kamera yang kecil seperti sekarang, lalu pada saat tahun 90-an tv masih gemuk-gemuk masih ada belakangnya, seiring perkembangan teknologi tv sekarang tipis-tips, dulu masih menggunakan pita kaset sekarang tinggal mengklik, dulu kalau ada pameran buku-buku gratis orang-orang berkumpul, tapi sekarang ada wifi gratis dimana saja itu lah teknologi semakin berkembang”.

Di Indonesia pertumbuhan dari tahun lalu itu jumlah penduduk di Indonesia sekarang itu 274,9 juta jiwa maka dengan tahun ini, kalau dibandingkan dengan tahun lalu, tahun ini kan 274,9 peningkatannya 1,1% dibandingkan dengan tahun lalu, yang menarik pertumbuhan handphonenya, meskipun handphone itu sudah jauh lebih banyak dari manusia nya.

Tetapi pertumbuhan handphone itu jauh lebih cepat dari pertumbuhan manusia, handphonenya pertumbuhannya 1,2% dibandingkan dengan tahun lalu, demikian juga koneksi Internetnya, tahun lalu dibandingkan dengan tahun ini, pada bulan yang sama bulan Januari 2020 dibandingkan sekarang atau 2 bulan yang lalu 2021 itu meningkat 15,5% sosial medianya juga meningkat 6,3%, jadi di sini bahwa internet berkembang dengan pesat 15,5% melebihi jumlah penduduk Indonesia perkembangannya, demikian juga dengan akses social medianya, itu juga berkembang lebih pesat daripada jumlah penduduk, jadi ini yang perlu dimanfaatkan, sayang sekali ini sudah berkembang dan bagus fasilitas yang sudah ada, di fasilitasi juga oleh anggota DPR komisi 1 bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Bakti harus dimanfaatkan.

Ini yang kemudian terjadi, dulu menggunakan Hp terus ke era sosmed sekarang era marketplace, sayang kalau Hp hanya digunakan untuk chatting saja, untuk posting-posting saja, ini lah era marketplace, era di mana bisa menjadi produsen sekaligus konsumen, bisa berkarya, bisa berkerja, bisa memanfaatkan apa yang ada jualan melalui Instagram atau di Facebook, ini lah perkembangan mulai dari jualan di lapak pasar waktu itu sampai dengan era marketplace sekarang.

Apa yang harus di lakukan dengan menggunakan teknologi, dulu pada saat orang masih menggunakan mekanisasi pertanian berkembang ke elektronik, kemudian sekarang di 4.0 lalu sekarang sudah ada yang namanya society 5.0 supaya orang memanfaatkan dunia digital creative ini.

Pelaku digital ekonomi kreatif harus bisa berjiwa “entrepreneurship”, penerapan kreativitas & inovasi, pakai computer, pakai handphone, pakai digital yang sudah maju tapi kalau tidak bisa kreatif dan inovatif sama saja, pemanfaatan peluang, membuat perubahan, memberikan nilai tambah bagi diri sendiri & orang lain.

Permasalahan informasi itu juga membawa perubahan besar dan itu ada New Crimes, Frauds dan Negative Externalities. artinya orang bisa juga bertindak negatif dengan adanya teknologi informasi. Kejahatan masa kini perdagangan narkoba atau obat illegal melalui online, kejahatan bidang ekonomi melalui email dan website, perdagangan manusia, terrorism berupa ajaran-ajaran radikalisme melalui media sosial dan kejahatan cyber lainya salah satunya berupa malware atau illegal access.
Fahruroji selaku Public Speaker, Entrepreneur & CEO Bedah Lapak Production menyampaikan

“produktifitas adalah sebuah bentuk dari sikap yang dimana ingin akan selalu untuk dapat terus berkarya, menciptakan sebuah yang akan memiliki nilai manfaat baik terhadap dirinya sendiri serta dari orang lain”. Dalam produktifitas bisa memberikan impact atau dampak dan menghasilkan uang atau pendapatan, produktif dan menghasilkan uang bisa seperti selebgram, online shop, dropshiper, youtuber, bloger, freelancer, tutor online, jasa desain, jasa zoom, creator sosial media.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
ADVERTISEMENT
Login Areal