Sejumlah Tokoh Kampanyekan Kebaikan Dalam Diskusi Bersama Kominfo

  • Whatsapp

Bakti Kominfo melaksanakan Seminar Merajut Nusantara bertemakan “Ramadhan dan Masyarakat Sosial Media Eksis Mengajak Kebaikan” yang diisi Dr. Ir. H. A. Helmy Faishal Zaini selaku Anggota Komisi I DPR-RI, Drs. Gun Gun Siswadi, M.Si selaku Akademisi Univ. Esa Unggul Jakarta, Dr. KH. Moch. Bukhori Muslim, MA selaku Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU, yang mana dalam seminar live streaming tersebut Dr. Ir. H. A. Helmy Faishal Zaini menyampaikan bahwa Ramadhan tahun ini adalah ramadhan yang masih sama dengan tahun yang lalu meskipun sekarang sudah mulai banyak berbagai macam aktivitas yang lebih dari relaksasi, bagaimana sekarang shalat tarawih sudah mulai bisa dikerjakan dengan protokol, kemudian insya Allah nanti penyelenggaraan sahalat Ied juga akan bisa dilaksanakan dengan protokol kesehatan, meskipun beberapa zona masih belum bisa melaksanakan shalat tarawih dan tahun ini juga masih sama dengan tahun lalu dimana pemerintah dengan pertimbangan tertentu tidak membolehkan kepada sebagian masyarakat untuk melakukan mudik, tentu dengan pertimbangan dalam menghindari dari penyebaran covid-19 yang kita khawatir terjadi tsunami yang luar biasa seperti di India.

Tentu diharapkan di Indonesia bisa terkontrol dengan baik, sehingga angkanya tidak semakin bertambah dan semakin turun, sehingga akan memasuki era yang disebut dengan normal baru. Kesempatan pada hari ini adalah bagaimana bisa menebar kebaikan pada bulan suci ramadhan ini, sekaligus menjadikan sosial media sebagai instrumen di dalam melakukan kebaikan, ibarat sebuah pisau maka sosial media ini bermata dua, bisa dijadikan sebagai sesuatu yang jika di gunakan secara optimal maka akan menjadi ladang kebaikan, tetapi sosial media ini juga bila dipegang oleh orang-orang yang mungkin tidak bertanggung jawab, ini juga bisa menjadi sarana ataupun instrumen di dalam melakukan kejahatan.

Seperti yang kita tahu bahwa sesungguhnya, sebagai masyarakat kita yang belum siap menerima era baru ini, kemudian di sisi yang lain ternyata begitu gencarnya arus informasi yang bersifat hoax, informasi-informasi yang tentu belum bisa kita terima kebenarannya, maka diperlukanlah yang disebut sebagai membangun edukasi dan literasi dalam bersosial media, ini sesuatu yang penting agar semuanya sebagai masyarakat yang belum bisa menghadirkan konten di sosial media, tetapi jangan-jangan ketika share sebuah informasi yang justru bernada hoax atau pun fiitnah, jangan-jangan kita menjadi bagian dari penyebaran informasi yang sesungguhnya itu akan merugikan masyarakat dalam skala yang luas.

“Saya ingin mengajak beberapa narasumber dan juga untuk memberikan pencerahan kepada para peserta semuanya, bahwa sosial media ini adalah justru menjadi bagian penting dari upaya kita untuk mewujudkan bersama Dakwah Islam yang ramah bukan yang marah, Dakwah Islam yang menyejukan.”

Dalam kesempatan yang sama Drs. Gun Gun Siswadi, M.Si selaku Akademisi Univ. Esa Unggul Jakarta menyampaikan bahwa Indonesia sekarang sudah memasuki era digital, ada beberapa hal yang harus di persiapkan dalam rangka memasuki era sekarang ini, yang sudah di bangun oleh pemerintah yaitu infrastruktur supaya masyarakat bisa mengakses informasi dengan baik, Palapa Ring sebagai tulang punggung ekonomi digital Indonesia yang menghubungkan 514 Kabupaten atau Kota di Indonesia dengan menyediakan akses Internet berkecepatan tinggi kepada masyarakat.

Besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia sekitar 196.71 juta orang Indonesia menggunakan internet atau 73,7% masyarakat Indonesia sudah terkoneksi dengan internet artinya sudah 50% lebih masyarakat Indonesia sudah menjadi pengguna internet, ada hal yang perlu di waspadai dengan besarnya jumlah pengguna internet, dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses informasi, maka terjadilah yang namanya banjir informasi-informasi, ada yang bermanfaat dan ada yang tidak bermanfaat, perlu di jaga agar bisa memanfaatkan informasi itu dengan baik, oleh karena itu pemerintah dalam hal ini kementiran Kominfo melakukan uapaya literasi digital, bagaimana masyarakat bisa mampu memilah informasi sehingga bisa membantu informasi itu untuk meningkatkan kesejahteraan. Sekarang ini terjadi transformasi digital yang tadinya konvensional menjadi digital melalui aplikasi seperti berbelanja, belajar, pertanian, donasi, tranportasi, kuliner, kesehatan dan tv analog menjadi digital.

Manfaat internet sebagai sarana mendapatkan informasi, memudahkan untuk mencari referensi, menjadi sarana pembelajaran masa kini, memberikan fasilitas multimedia, memberikan informasi dengan mudah dan murah, bisa menjadi sumber belajar tambahan, bisa menjadi sarana pencari beasiswa, memudahkan mengenal dan mempelajari bahasa asing, bisa mendorong semakin mandiri, membantu mengembangkan sarana pendidikan jarak jauh, bisa menjadi sarana penyimpan informasi. Bisnis harus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman, untuk memberikan nilai tambah dari UMKM konvensional beralih ke bisnis online seperti online shop.

Alasan kenapa harus bisnis online pertama menjangkau pasar yang luas, semua orang di seluruh Indonesia bahkan dunia dapat mengakses dan melakukan transaksi, kedua memangkas biaya, bisnis online dapat memangkas banyak jenis pengeluaran seperti sewa tempat dan lainnya, ketiga tidak harus ada lokasi, bebas menentukan lokasi bisnis karena transaksi dilakukan melalui internet, keempat potensi pendapatan tidak terbatas, melalui bisnis online pendapatan yang di dapat tidak ditentukan oleh seberapa lama bekerja dalam sehari.

Keuntungan UMKM online yaitu semakin memperluas keanggotaan, membuka peluang bisnis lebih luas, brand semakin menguat dan mendunia, tingkat daya saing menjadi tinggi, mudah terintegrasi dengan aplikasi, monitor untuk 300 koperasi dunia, mudah bersinergi dengan UMKM lain. Manfaat bisnis online kecepatan time-to-market, biaya komunikasi atau koordinasi lebih rendah, efisiensi pengadaan, meningkatkan hubungan dengan konsumen, informasi yang up-to-date, jangkauan global, pengurangan biaya operasi, perbaikan rantai pasokan, penambahan jam buka, kustomisasi, model bisnis baru, spesialisasi vendor, tidak harus membayar pajak atau biaya usaha fisik. Strategi meningkatkan bisnis online di bulan ramadhan yaitu buat konten bernuansa islami, prime time di waktu istirahat siang, memaksimalkan promosi di prangkat mobile, ada lima jenis barang yang mengalami lonjakan pencarian signifikan saat ramadhan yaitu fashion, paket hadiah atau parcel, smartphone, pulsa telepon, dan perangkat elektronik.

Strategi pemasaran di bulan ramadhan, cari produk yang cocok dan benar-benar dicari market di bulan ramadhan, persiapan campaign untuk membangun brand awareness, maksimalkan semua social media seperti Facebook, Instragram , Youtube, Tiktok, Adwords dan lain-lain, maksimalkan penjualan dengan memanfaatkan marketplace, kuatkan mental, tenaga dan strategi untuk melayani konsumen di jam sahur khususnya untuk tim customer service, persaingan memang ketat di bulan ramadhan tapi faktanya, demand juga sangatlah besar, jadi jangan khawatir tidak kebagian.

Ada 22 peluang usaha di bulan ramadhan seperti jasa penukaran uang, parsel, takjil berbuka puasa, jualan ketupat, custom toples dan tempat makan, katering makanan, laundry, kue kering, es buah, cuci kendaraan, tempat penitipan kendaraan, penitipan hewan, produk kecantikan, rental mobil, jual kurma, baju muslim, perlengkapan ibadah, penyalur asisten rumah tangga, jasa custom amplop, reseller aksesoris gadget atau hp, desain kartu lebaran, video dokumentasi lebaran.

Langkah yang harus dilakukan untuk bisnis online yaitu harus memiliki produk, dibuat dalam bentuk digital foto, fitur, kualitas, waktu pengiriman, harga, jumlah dan lain-lain, tempat untuk menampilkan produk digital marketplace yaitu di platform seperti Twitter, FaceBook, WhatsApp, Youtube, Instagram, Tiktok, menyiapkan marketplace sendiri misalnya di jualan.co.id atau ikut yang sudah ada seperti Tokopedia, BliBli, Lazada, Shopee dan lain-lain, memperluas komunitas digital.

Hoax yaitu berita atau kabar bohong yang sengaja di buat untuk disamarkan seperti layaknya kebenaran, ciri-ciri hoax seperi diawali dengan kata-kata sugestif dan heboh, mencatut nama atau lembaga terkenal, terdengar mustahil terjadi, tidak muncul di media massa, banyak ditulis dengan huruf capital atau tanda seru.

Sekarang selain menghadapi era pandemi, sekarangpun juga ada yang namanya infodemic yaitu banjir informasi mengenai virus covid- 19 yang keliru atau salah secara massif, terus menerus dan tersebar cepat, perang baru yang tidak kalah dahsyatnya dengan wabah virus, jika covid-19 adalah virus fisik, maka infodemic adalah virus virtual, yang diserang dan hendak ditaklukan adalah akal lemah dan tidak sehat. Literasi digital yaitu literasi data kemampuan membaca, menganalisis, dan menggunakan big data, literasi teknologi memahami cara kerja aplikasi teknologi coding atau programming, artificial intelligence dan engineering principles, literasi manusia kemampuan komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis, kreatif, dan inovatif.

Think before posting, saring sebelum sharing saat menerima berita atau informasi, jangan buru-buru menshare hanya karena isinya sesuai dengan keinginan. Berinternet dengan bijak, cermat dalam memilih situs dan konten, pastikan keamanan data pribadi, tetap batasi penggunaan internet.

Dr. KH. Moch. Bukhori Muslim, MA selaku Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU menyampaikan The power of media – Malcolm X, the media is the most powerful entity on earth. Because they control the minds of the masses. Media adalah entititas paling berpengaruh di bumi.

Karena media mampu mengontrol pikiran massa. Menerima informasi dan berita millennial lebih memilih ponsel dibanding televisi, millennial wajib punya media sosial, millennial kurang suka membaca secara konvensional, millennial lebih tahu teknologi dibanding orang tua mereka, mereka lebih tertarik pada visual dari pada kata-kata, gaya hidup, teknologi dan internet.

Fakta disrupsi Grab, Uber, Gojek menggeser taksi atau ojek konvensional, smartphone menggeser wartel, berbelanja beralih ke marketplace, aplikasi Kudo menggantikan sistem toko kelontong, aplikasi perjalanan menggeser agen travel. Dalam peringkat media sosial yang tertinggi adalah Youtube, yang kedua faceboock dan ketiga Instagram, kemudian Twitter, Whastapp dan seterusnya, ini membuktikan sebagai generasi saat ini paling suka menonton, berarti kalo serig menonton di Youtube harus pandai-pandai bukan hanya sebagai penonton tetapi jadilah produsen disitu.

Harus pandai mengisi di Youtube itu dengan yang baik-baik.

Strategi mencapai sasaran yang ingin dicapai yaitu memiliki SDM yang mempuni dengan teknologi informasi dan siap melakukan counter attack dalam cyber war, produktif membuat konten-konten informatif, menarik dan jenaka, siapkan dana yang cukup.

Dan kemungkinan kedepan suatu saat kantor-kantor pelayanan service office sudah tidak lagi dilayani oleh kaeryawan tetapi semuanya sudah memakai mesin, dan tidak menutup kemungkinan suatu saat dalam waktu yang sangat cepat transaksi perbankan memakai Alipay ataupun WeChatPay karena ini sudah mulai terjadi di negara-negara lain.

“Jika hari ini Anda tidak terbuka oleh informasi dan perubahan, percayalah 10 tahun yang akan datang Anda adalah orang-orang yang tertinggal karena perubahan dan inovasi tidak akan pernah berhenti, meski Anda berkeras tidak ikut berubah”.

Pos terkait

loading...