Malaka, NTT, deliknews – Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH saat menghadiri acara kegiatan panen perdana cabai besar di kebun percontohan Polsek Wewiku di Desa Biris, Kecamatan Wewiku, Senin (7/6/2021).

Pemerintah Kabupaten Malaka sepenuhnya kabolarasi dengan berbagai komponen dalam peningkatan swasembada pangan di bidang pertanian yang di canangkan program unggulan Bupati Malaka dan Wakil Bupati Malaka.

Program unggulan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak. SH. MH, dan Wabup, Louisr luky Taolin. S. Sos itu sangat mendukung kegiatan positif dari masyarakat dan stakeholder lainnya, yang bertujuan mensejahterakan masyarakat.

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak. SH. MH mengatakan saya mengemukakan melalui dinas tekhnis seperti Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) dan Ketahanan Pangan, program seperti penanaman hasil perkebunan seperti ini harus didukung.

“Setelah melihat apa yang telah dihasilkan ini instansi tehnis seperti Pertanian dan Ketahanan Pangan harus bisa intervensi untuk pembibitan, pemupukan dan pendampingan, sehingga tetap bermanfaat bagi masyarakat” ujar Dr. Simon Nahak. SH. MH.

Lanjutnya, menegaskan kepada Camat dan Kepala Desa untuk berkomunikasi dengan masyarakat, agar lahan-lahan tidur dapat dimanfaatkan dengan mengolahnya secara baik dan mengembangkannya.

Saya pun mengaku bahwa kegiatan pertanian seperti ini sangat mendukung program prioritas Kabupaten Malaka yakni Swasembada Pangan.

Salah satu program yang kami usung adalah swasembada pangan yang harus dimulai dengan pemberdayaan lahan dan tanaman. Sehingga, kita tetap memberikan semangat kepada masyarakat untuk bekerja dan produksinya akan dipasarkan secara baik sehingga tidak sia-sia, pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kapolsek Wewiku, Iptu. L. Soleman Baddu, S.H sebagai penanggung jawab Kebun Percontohan ini melaporkan ada 16 Program Prioritas Kapolri dan salah satunya adalah peningkatan ekonomi masyarakat.

“Sebagai terjemahannya kami berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa untuk membuat kelompok tani dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada. Hasilnya seperti yang kita saksikan hari ini dengan panen perdana” ujar Iptu. L. Soleman Baddu, S.H.

Lanjutnya, awalnya anakan yang ditanam 4 ribu pohon, akan tetapi bencana banjir April lalu membuat banyak yang mati. Sehingga ditanam lagi sebanyak 1500 anakan dan yang siap dipanen kurang lebih 3 ribu pohon.

“Inilah yang membanggakan kami karena bisa ada hasilnya seperti sekarang ini, walaupun dengan dana murni secara pas-pasan dari kami anggota Polsek Wewiku,” ujar Iptu. L. Soleman Baddu, S.H sambil berharap kolaborasi seperti ini terus dipertahankan.

Saya ucapkan terima kasih kepada pihak DGW dan PPL Pertanian yang selalu mendampingi dalam mengolah lahan ini dan ke depannya akan  ada lagi lahan pertanian yang dimanfaatkan untuk budi daya pepaya California dan Melon, pungkasnya.

Sementara itu Camat Wewiku, Manfred Laak melaporkan bahwa jumlah di Kecamatan Wewiku terdapat 120 Poktan yang tersebar di 12 Desa. Untuk usaha tani, lahan yang digunakan untuk penanaman jagung pada musim tanam I sebesar 2620 ha, sorgum sebesar 60 ha, kacang hijau sebesar 150 ha, kacang tanah sebesar 35 ha dan ubi kayu sebesar 215 ha.

Panen perdana cabai besar di kebun percontohan Polsek Wewiku dihadiri Wakapolres Malaka, Kompol I Ketut Saba, Danramil 1605-09 Biuduk Foho-Wewiku, Poktan dan anggota Polsek Wewiku. (Dami Atok)