Video  

Biden: Isu HAM Jadi Penentu Kebijakan Politik Luar Negeri

biden:-isu-ham-jadi-penentu-kebijakan-politik-luar-negeri

WASHINGTON-KEMPALAN: Dalam pidatonya di White House, Biden menyampaikan secara panjang mengenai AS dan tindakannya di Afghanistan. Terdapat beberapa diskursus yang terjadi oleh Biden dalam rangka orientasi AS dibawah rezim Biden. Hal ini berbeda dengan beberapa presiden dan rezim sebelumnya yang masih menganggap bahwa isu militer menjadi prioritas untuk menanggapi semua permasalahan di dunia.

“Terdapat beberapa pemahaman kritis yang harus dimengerti; dunia telah berubah. Beberapa kali kami berada dalam kompetisi dengan Tiongkok, dan beberapa kali dengan Rusia. Kami menghadapi isu serangan siber dan isu nuklir. Kita harus menopang daya saing Amerika untuk menghadapi tantangan baru ini dan persaingan untuk abad ke-21. Kita bisa melakukan keduanya: memerangi terorisme, dan menghadapi ancaman baru yang ada di sini sekarang dan akan terus ada di sini di masa depan.”

“Kemudian ketika kita membuka kembali politik luar negeri kami yang menuntun negara ini bertindak, kami belajar dari kesalahan yang ada. Yang pertama adalah bahwa kita harus menentukan tujuan yang sangat jelas dan dapat diselesaikan. Kemudian yang kedua adalah bahwa kita harus fokus kepada keamanan nasional fundamental AS.”

Biden kemudian menjelaskan mengenai politik luar negeri AS yang berpusat pada HAM, berbeda dengan sebelumnya yang selalu berpusat di militer.

“Saya juga telah tegaskan bahwa isu HAM akan menjadi pusat penentu kebijakan luar negeri kami. Tidak menggunakan pendekatan militer namun melalui diplomasi, ekonomi dan bantuan untuk semua negara yang ada di dunia. Kemudian untuk isu Afghanistan, kami akan tetapi membantu warga Afghanistan melalui diplomasi dan bantuan internasional. Kami akan tetap menjalankan diplomasi regional untuk menghindari kekerasan dan instabilitas. Kami akan terus berbicara mengenai kebutuhan dasar HAM warga Afghanistan terlebih lagi bagi perempuan dan anak-anak”. (NYTimes, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.