Video  

PBB Komitmen untuk Bantu Kebutuhan Dasar Warga Afghanistan

pbb-komitmen-untuk-bantu-kebutuhan-dasar-warga-afghanistan

NEW YORK-KEMPALAN: Dengan berakhirnya operasi evakuasi besar-besaran oleh AS dan negara-negara di seluruh dunia, bukan berarti semua permasalahan yang ada telah usai. Permasalahan kemanusiaan menyelimuti Afghanistan. PBB sebagai institusi internasional kemudian berkomitmen bahwa akan membantu memberikan suplai kebutuhan bagi ratusan ribu atau lebih warga Afghanistan yang membutuhkan bantuan kemanusiaan untuk dapat bertahan hidup.

Dalam pernyataan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Selasa (31/8), dijelaskan bahwa dirinya mengucapkan belasungkawa terhadap keadaan kemanusiaan yang semakin kritis di Afghanistan serta keadaan ekonomi yang sangat rentan dan akan mengganggu semua penghidupan di sana.

“Sekarang, anak-anak, perempuan dan pria di Afghanistan memerlukan bantuan serta solidaritas dari masyarakat internasional. Afghanistan telah terkena bencana banjir, dan warganya terkena dampak musim dingin yang parah sehingga mereka memerlukan bantuan yang secara darurat harus dikirim kesana” ucap Guterres.

Guterres juga mengajak semua pihak dari manapun untuk membantu memberikan bantuan serta memfasilitasi semuanya demi memberikan bantuan kemanusiaan.

Kantor Urusan Kemanusiaan PBB mengatakan bahwa pada Selasa (31/8), pihaknya telah memberikan bantuan terhadap total 8 juta orang untuk tahun ini saja. Tapi ia juga menegaskan bahwa pendanaan 1,3 miliar Dollar tidak cukup untuk memberikan bantuan ke Afghanistan.

Kemudian Komisi Urusan Pengungsi PBB memberikan penegasan bahwa semua negara harus membuka perbatasannya seluas mungkin untuk membiarkan warga dan pengungsi Afghanistan memasuki negaranya karena diperkirakan sekitar 3,5 juta orang masih terlantar dan berusaha untuk kabur ke negara tetangga seperti Pakistan dan Iran. (UNNews, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.