Video  

Biden Kembali Larang Warga AS Pergi ke Korea Utara

biden-kembali-larang-warga-as-pergi-ke-korea-utara

Washington D.C-Kempalan: Sama seperti rezim sebelumnya ketika AS dipimpin oleh Presiden Donald Trump, warga AS dilarang kembali untuk membiarkan warga AS yang memiliki paspor untuk berpergian ke Korea Utara.

Pelarangan warga AS ke Korea Utara pertama kali diusulkan oleh mantan Menteri Luar Negeri yaitu Rex Tillerson pada tahun 2017 sejak adanya tragedi meninggalnya salah satu mahasiswa AS yaitu Otto Warmbier yang mendapatkan banyak luka di tempat penahanan Korea Utara. Otto merupakan bagian dari kelompok tur ke Korea Utara pada tahun 2016 dan ditangkap dengan tuduhan mencuri poster propaganda dan kemudian diberikan hukuman 15 tahun penjara. Secara singkat, Trump mengirimkan delegasi AS untuk menegosiasikan permasalahan tersebut dan ketika Otto kembali, ia meninggal setelah dirawat enam hari di Rumah Sakit Cincinnati dengan dugaan terdapat banyak luka.

Kementerian Luar Negeri AS kembali memutuskan untuk memperpanjang pelarangan hingga tahun mendatang yaitu 31 Agustus 2022. Adanya pelarangan tersebut membuat siapapun warga AS yang pergi ke Korea Utara maka akan dianggap ilegal, kecuali memang sudah mendapatkan persetujuan Kementerian Luar Negeri dalam tujuan yang jelas yaitu untuk melakukan kepentingan nasional AS. Selain itu, semuanya tidak diperkenankan pergi ke Korea Utara.

“Kementerian Luar Negeri kembali menentukan bahwa akan terdapat risiko yang serius bagi warga AS yang berpergian ke Korea Utara terlebih lagi dalam kaitannya dengan keamanan warganya. Semua paspor warga AS yang ada akan tidak valid untuk berpergian ke Korea Utara kecuali memang ada persetujuan khusus dibawah wewenang dan kuasa kami” ucap salah satu perwakilan.

(USAToday, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.