Video  

Britania Raya: Tidak Ada Rencana untuk Mengakui Rezim Taliban

britania-raya:-tidak-ada-rencana-untuk-mengakui-rezim-taliban

London-Kempalan: Menteri Luar Negeri Britania yaitu Dominic Raab berkata bahwa negaranya tidak akan memiliki rencana untuk segera mengakui Taliban sebagai pemimpin dan rezim baru di Afghanistan. Namun ia juga mengatakan ketika berada dalam kunjungan ke Qatar bahwa terdapat agenda serta dialog penting yang akan dilakukan.

Dalam konferensi pers di Doha setelah adanya pertemuan dengan Emir Qatar yaitu Emir Tamin bin Hamad, Dominic Raab berkata bahwa ia akan melakukan tindakan langsung ke Taliban. Ia juga berencana untuk membentuk kerja sama regional di kawasan untuk dapat menyeimbangkan kekuatan serta influensi Taliban yang baru saja dan akan reorientasi rezimnya ke dunia internasional.

Ia juga berharap bahwa Bandara Kabul akan kembali dibuka seperti biasanya untuk dapat memudahkan evakuasi kembali bagi yang ingin meninggalkan Afghanistan. “Tidak ada pertanda jelas bahwa bandara Kabul akan kembali beroperasi secara penuh tapi kami tetap bekerja keras untuk dapat berdialog dengan Taliban untuk kembali menyiapkan pembukaan bandara tersebut” ucap Menteri Luar Negeri Britania Raya tersebut.

Dalam kunjungannya ke Qatar, ia memberikan pandangannya bahwa Qatar merupakan mitra penting dan strategis dalam permasalahan Afghanistan dan ia berencana untuk melebarkan serta menambah upaya diplomatik ke Qatar.

Kemudian juga dalam kunjungannya, Raab dikabarkan akan mengunjungi Pakistan yang merupakan negara tetangga dari Afghanistan.

(DarlingtonTimes, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.