Video  

Dirumorkan akan Kembali Melatih Arsenal, Begini Komentar Arsene Wenger

dirumorkan-akan-kembali-melatih-arsenal,-begini-komentar-arsene-wenger

LONDON-KEMPALAN: Performa buruk Arsenal, yang kalah dalam tiga laga awal di Premier League, membuat masa depan Mikel Arteta di Emirates Stadium makin terancam.

Banyak spekulasi yang muncul terkait pelatih baru yang akan segera menggantikan Arteta, termasuk pelatih legendaris yang telah mengasuh Arsenal selamat 22 tahun, Arsene Wenger.

Telah lebih dari tiga tahun sejak pelatih asal Perancis itu meninggalkan Arsenal, Wenger saat ini bekerja sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA sejak 2019, tetapi telah mengakui bahwa dia ‘rindu’ masa-masa ketika dia menjadi seorang manajer.

Selain memenangkan tiga gelar Liga Premier, Wenger juga mencetak rekor dengan memenangkan tujuh Piala FA sebelum mengundurkan diri dari kursi panas di Emirates pada akhir musim 2017-18, yang kemudian dilanjutkan oleh Unai Emery.

Pria berusia 71 tahun itu sempat mengisyaratkan bahwa dia terbuka untuk kembali menjadi Pelatih Arsenal karena dia belum secara resmi pensiun dari kepelatihan.

Komentar Wenger memberikan harapan pada klub bahwa dia setidaknya agak terbuka untuk kembali, dan beberapa penggemar Arsenal juga mengharapkan dia untuk mengambil alih klub lagi.

Kembali pada tahun 2019, Wenger pernah berkata: “Masa depan saya tidak pasti, bahkan untuk saya. Saya menikmati kehidupan sehari-hari sekarang. Saya menikmati karena sedikitnya tekanan, dan lebih banyak kebebasan juga. Tapi saya merindukan kompetisi.”

Setahun kemudian, dia mengklaim bahwa butuh kondisi yang “optimal” agar dia bisa kembali ke tempat latihan.

“Setiap hari saya ingin melatih, saya telah melakukan ini sepanjang hidup saya.” kata Wenger kepada Europe 1.

“Namun, saya berusia 70 tahun sekarang. Haruskah saya bermain rolet Rusia sedikit, bahkan jika menyangkut kesehatan saya? Saya tidak bisa melakukan sesuatu dengan setengah-setengah, jadi saya bertanya pada diri sendiri pertanyaan ini.” tambahnya.

“Saya harus dalam kondisi yang saya anggap optimal. Kalau tidak, aku tidak akan melakukannya.” tambah pelatih asal Prancis itu.

Meskipun perannya sangat penting, terutama dalam persiapan untuk Piala Dunia selama dua tahun kebelakang, Wenger mengakui perannya saat ini tidak merangsang sebagai pelatih.

“(dulu) Saya mencium bau rumput setiap pagi, dan hari ini saya lebih banyak berada di lingkungan administrasi yang redup di kantor. Jadi, jelas, saya merasa sedikit bosan di sana.” kata Wenger.

“[Tapi] saya ingin membuat pusat analisis paling efisien di dunia FIFA. Saya tahu ini sangat ambisius, tetapi Anda akan melihat bahwa di Piala Dunia 2022, kami akan menghasilkan analisis pertandingan yang akan sangat efisien.” tambahnya.

Dia melanjutkan: “Saya sedang dalam proses dan mempekerjakan banyak orang di level ini sekarang, dan saya pikir banyak kemajuan yang harus dibuat dalam cara kita melihat sepakbola.” kata pria berusia 71 tahun itu.

Pelatih saat ini Mikel Arteta sedang mengalami masa sulit di Emirates dan perjuangan mereka telah membuat Wenger banyak dirumorkan akan kembali ke London utara.

Hal itu kemudian dikonfirmasi Wenger dengan mengatakan “Saya berusia 71 tahun. Saya telah memberikan klub ini tahun-tahun terbaik dalam hidup saya.”

“Hari ini klub dalam kondisi yang baik. Mereka memiliki dua pertandingan yang sulit, tapi tim memiliki potensi dan saya berharap mereka bisa kembali.” tambah pria asal Prancis itu.

“Saat ini saya hanya seorang penggemar.” katanya, yang tampaknya ingin meminimalkan spekulasi yang muncul.

Pendukung umumnya tidak puas dengan arah jatuhnya Arsenal di l tahun-tahun terakhir saat Wenger melatih, tetapi kondisi tim malah jauh lebih buruk setelah kepergiannya.

The Gunners gagal lolos ke kompetisi sepak bola Eropa untuk pertama kalinya dalam 26 tahun dan telah kalah di tiga pertandingan pembuka mereka di liga, tampa bisa mencetak satupun gol di masing-masing pertandingan.

Kendati demikian, Arteta tetap bersikukuh dia bisa membalikkan keadaan setelah didukung dengan dana pembelian senilai lebih dari £150 juta di jendela transfer musim panas ini dan, tidak seperti yang dilakukan Wenger pada 2018, tampaknya Arteta tidak akan secara sukarela menyingkir dalam waktu dekat. (The Mirror, Edwin Fatahuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.