Video  

Fans Hungaria Kisruh, FIFA Siapkan Proses Disipliner

fans-hungaria-kisruh,-fifa-siapkan-proses-disipliner

BUDAPEST-KEMPALAN: FIFA telah mengumumkan akan memulai proses disipliner kepada fans Hungaria yang melakukan aksi rasis dalam laga kualifikasi Piala Dunia saat Inggris bertemu Hungaria di Budapest.

Asosiasi Sepak Bola Inggris telah meminta badan pengatur olahraga untuk menyelidiki nyanyian rasis yang ditujukan kepada Raheem Sterling dan Jude Bellingham, dan FIFA kini telah bertindak setelah mendapat konfirmasi dari ofisial pertandingan.

Reporter Sky Sports, Rob Dorsett juga mengkonfirmasi bahwa dia telah mendengar “nyanyian monyet sporadis” dari berbagai area tribun penonton, terutama ditujukan ke Sterling ketika dia menyentuh bola, dan termasuk ketika dia memberi umpan kepada Harry Kane pada gol kedua.

Kepala eksekutif Kick It Out Tony Burnett mengatakan bahwa pelecehan itu “dapat dicegah dan diprediksi” dan mengkritik FIFA dan UEFA atas kegagalan untuk memastikan bahwa larangan penonton di stadion Budapest yang dikeluarkan oleh UEFA pada bulan Juli dibawa ke kualifikasi Piala Dunia.

Asosiasi Pesepakbola Profesional juga mengutuk pelecehan tersebut dan mendesak FIFA dan UEFA untuk menutup “celah” dalam peraturannya.

“Menyusul analisis laporan pertandingan, FIFA telah membuka proses disipliner terkait insiden tadi malam di pertandingan Hungaria-Inggris.” bunyi pernyataan tersebut.

“Sekali lagi, FIFA ingin menyatakan bahwa posisi kami tetap tegas dan tegas dalam menolak segala bentuk rasisme dan kekerasan serta segala bentuk diskriminasi atau pelecehan. Kami memiliki sikap toleransi nol yang sangat jelas terhadap perilaku menjijikkan seperti itu dalam sepak bola.” tambahnya.

Dilansir dari Sky Sports News, manajer Inggris Gareth Southgate mengatakan: “Kami tidak menyadarinya di samping. Saya tidak tahu apakah para pemain di lapangan. Tetapi semua orang tahu apa yang telah kami bicarakan untuk dua orang itu.”

“Mereka tahu apa yang kami perjuangkan sebagai sebuah tim dan kami harus berharap kami dapat terus memberantas rasisme tidak hanya di sepak bola, tetapi dari kehidupan secara umum.”

Para pemain Inggris telah dicemooh sejak kick-off ketika mereka melakukan aksi berlutut, yang merupakan sebuah aksi untuk melakukan perlawanan terhadap segala bentuk rasisme.

Skuad telah membahas masalah ini dalam persiapan sebelum pertandingan, dan disadarkan akan fakta bahwa para pemain Republik Irlandia juga dicemooh dengan keras pada bulan Juni ketika mereka berlutut sebelum pertandingan persahabatan mereka dengan Hongaria di Stadion Szusza Ferenc.

Para pemain Inggris juga dilempari cangkir dari tribun penonton setelah Sterling membuka keunggulan Inggris 1-0 di Budapest.

Sebuah suar kemudian dilemparkan ke lapangan menyusul gol Harry Maguire untuk membawa The Three Lions unggul 3-0.

(Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.