Video  

Rusia Tuduh Google dan Apple Intervensi Pemilu

rusia-tuduh-google-dan-apple-intervensi-pemilu

MOSKOW-KEMPALAN: Rusia akan mengadakan pemilihan parlemen pada akhir bulan ini dan seperti negara “demokrasi” lainnya, pesta demokrasi selalu dipenuhi dengan hal-hal yang tidak terduga dan selalu mengejutkan khalayak luas.

Tidak berbeda dengan negara lain, Rusia merupakan negara yang sangat menarik untuk diperhatikan karena sebagai negara suksesor Uni Soviet, Rusia mengalami transisi bentuk pemerintahan yang sangat drastis, namun dapat ditebak karena terdapat upaya pelanggengan kekuasaaan oleh rezim yang sudah ada dari Partai United Russia.

Navalny, musuh terbesar sekaligus seseorang yang sangat ditakutkan Putin karena menjadi kritikus andal telah menjadi banyak fokus media di Rusia dan dunia karena banyak hal yang menimpa dirinya. Mulai dari adanya upaya pemberian racun hingga dijegal di beberapa demo dan pemilihan yang ada.

Bulan lalu, Pengamat Komunikasi Rusia yaitu Roskomnadzor meminta kepada Google dan Apple untuk segera menghapus aplikasi Navalny dari peredaran. Kemudian pada Kamis (2/9), Roskomnadzor memberikan peringatan kepada dua korporasi raksasa tersebut untuk segera menghapus jika tidak ingin dikenai hukum yang berlaku di Rusia.

Aplikasi tersebut membuat pemerintah Rusia “Takut” karena dalam penjara, Navalny menginstruksikan pengikutnya untuk segera mengunduh aplikasi tersebut dan memilih kandidat dari partainya untuk menumbangkan partai dominan Rusia saat ini yaitu United Russia.

“Tidak berhasil mem-blok aplikasi tersebut akan dianggap sebagai intervensi dalam pemilu Rusia dan jika tidak diurus, maka akan berujung pada pemberian denda sebagaimana hukum yang berlaku di Rusia” ucap perwakilan lembaga Roskomnadzor kepada media Rusia.

Sebelumnya pada awal tahun, Navalny dan gerakannya dianggap sebagai ekstremis sehingga dilarang di Rusia. Semua informasi serta jaringan media sosial yang merujuk dan menuju ke situs web Navalny.com telah dilarang. (MoscowTimes, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.