Video  

Chili: Investasi Tiongkok Terus Tumbuh

chili:-investasi-tiongkok-terus-tumbuh

SANTIAGO DE CHILE-KEMPALAN: Sebagai mitra dagang terbesar bagi Chili dengan relasi timbal-balik kedua negara, Tiongkok telah menjadi salah satu mesin penggerak utama perekonomian di Chili dalam upayanya bangkit dari pandemi COVID-19.

‎”Ada hubungan ekonomi, politik dan institusi yang sudah berlangsung lama antara Chili dan Tiongkok. Pemerintah Chili telah memiliki rencana dan rancangan sistematik untuk beberapa tahun kedepan dengan tujuan menarik investasi dari Tiongkok” ucap Andres Rebolledo yang merupakan seorang ekonom dan mantan Menteri Energi Chili.

InvestChile, salah satui lembaga pemerintah yang memiliki fungsi untuk mempromosikan investasi asing telah memberikan detail 30 proyek dari Tiongkok di dalam portofolio triwulan satu yang berjumlah sekitar 5,64 Juta USD atau sekitar 80 Triliun. Jumlah tersebut lebih banyak daripada investasi AS yang hanya berjumlah sekitar setengahnya saja.

Kemudian untuk total semua investasi Tiongkok yang ada di Chili diperkirakan berjumlah 690 Juta USD atau sekitar 10 kuadriliun Rupiah.

“Investasi dari Tiongkok yang telah tiba di Chili dibandingkan negara-negara lainnya, dan akan terus bertumbuh dalam beberapa waktu kedepan. Namun kami juga memiliki sejarah investasi yang kuat dari AS, Spanyol dan Kanada dan mereka semua masih tetap menjadi salah satu investor utama di negara kami”, ucap Andres Rodriguez yang merupakan Direktur dari InvestChile.

Sebagaimana yang dapat diperkirakan, semua tindakan Tiongkok tersebut bukan murni investasi semata namun lebih dari itu. Tiongkok berupaya untuk menyeimbangkan kekuatan AS di region Amerika Latin yang merupakan region tetangga dari AS. Tiongkok sangat berupaya untuk “Meningkatkan eksistensinya” di Amerika Latin dengan salah satu caranya adalah hadir di Chili (Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.