Video  

Jenderal Militer AS: Perang Sipil dan Terorisme di Afghanistan Mungkin Terjadi

jenderal-militer-as:-perang-sipil-dan-terorisme-di-afghanistan-mungkin-terjadi

Washington D.C-Kempalan: Dengan minggatnya semua pasukan militer AS yang sangat cepat dan membawa Taliban menjadi penguasa Afghanistan, Jenderal Militer Mark Milley berkata bahwa akan ada kemungkinan yang sangat besar bahwa Afghanistan akan menuju perang sipil.

“Berdasarkan perkiraan dari militer adalah bahwa kondisi yang ada di Afghanistan pada saat terdapat kemungkinan besar terhadap terjadinya perang sipil. Kami juga akan terus melancarkan serangan jika memang ada ancaman kepada AS” ucap Mark Milley.

Milley menambahkan bahwa ia ragu terhadap kapabilitas Taliban untuk mengisi kekosongan kekuasaan dan memperingatkan bahwa bisa saja terjadi kekacauan yang akan membangkitkan Al-Qaeda dan ISIS-K serta organisasi teroris lainnya.

Berdasarkan perintah dari presiden AS yaitu Biden bahwa AS akan tetap melaksanakan misi konter-teroris jarak jauh dan meskipun tidak ada pasukan sama sekali di Afghanistan, AS akan membangun jaringan intel disana.

Sejauh ini Taliban mengalami permasalahan dengan adanya resistensi dari kelompok Panjshir. Sebuah lembah yang berada di utara Kabul dan mengontrol jalanan strategis di Timur Afghanistan juga menjadi tempat perebutan kuasa antara Taliban dengan beberapa kelompok lainnya seperti National Resistance Front of Afghanistan (NRFA).

Dengan keberadaan dan keadaan tersebut, tidak mengherankan bahwa berdasarkan perkiraan miiliter AS bahwa akan terjadi perang sipil dan tindakan terorisme lainnya selama Taliban masih belum mendirikan pemerintahan yang stabil dan kapabel meskipun telah menguasai banyak daerah di Afghanistan.

(RT, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.