Video  

Lima Tahun Forum Beda tapi Mesra

lima-tahun-forum-beda-tapi-mesra

SURABAYA-KEMPALAN:  Forum Beda Tapi Mesra (FBM) adalah wadah komunikasi bagi insan lintas agama untuk saling belajar mengenal, mengerti, memahami, dan menghargai serta menghormati perbedaan yang ada sebagai suatu realita hidup di Indonesia, yang sangat beragam sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Forum ini merayakan ulang tahun ke-5 Minggu (5/9) dengan sederhana tapi khidmat. “Melalui acara ini kita ingin memperkokoh persatuan bangsa di tengah berbagai macam perbedaan,” kata Ketua Umum FBM, Syuhada Endrayono, SH.

Dikatakan, visi FBM adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih inklusif, terbuka, dan toleran.

Para pengurus FBM

Sedangkan misi FBM adalah menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap Tanah Air dan Bangsa dengan berbagai kegiatan seperti diskusi  kebangsaan, dialog keagamaan, bakti sosial, gelar seni dan budaya lintas agama.

“Tujuannya mengedukasi masyarakat akan pentingnya untuk hidup bersama sebagai suatu bangsa yang utuh tak terbelah,” kata Syuhada.

Tema Hari Ulang Tahun Forum Beda Mesra tahun ini adalah Memperkokoh Keharmonisan antar anak Bangsa.

Alasan dipilihnya tema ini adalah karena adanya keprihatinan melihat kondisi bangsa Indonesia saat ini yang sedang mengalami degradasi nilai dalam menghargai perbedaan sehingga menimbulkan berbagai bentrokan berlatarbelakang agama maupun etnis di beberapa daerah di Indonesia.

Rangkaian acara HUT FBM diisi dengan doa bersama untuk Bangsa dan para tokoh FBM yg telah berpulang,  antara lain KH Ahmad Suyanto, KH Chaiji AS, Budi Santoso dan Romo Js Bingky Irawan.

Selain itu ada juga beberapa sambutan yg disampaikan oleh Mama Hana Amalia Vandayani dan Prof. DR. Ali Maschan Moesa, serta pemotongan tumpeng sebagai simbol hari kelahiran yang dilakukan oleh Ketua umum FBM.

Rangkaian acara ulang tahun  ini diakhiri dengan sesi foto bersama semua pengurus yang hadir di acara.

Para tokoh lintas agama yang tergabung dalam FBM yaitu  KH Abdul Mutholib, Bhante Jayamedho Thera,  Romo Irenaios, Liem Tiong Yang, Gatot Santoso, Tirto Santoso, Lie Hok An, dan tokoh-tokoh lainnya.

Forum Beda tapi Mesra didirikan di kebun kopi Trawas oleh beberapa tokoh lintas agama yang menginginkan perdamaian dalam kehidupan yang berbhineka tunggal ika. (acong sunardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.