Video  

Sejarah dalam Sorotan, Kisah Kemerdekaan Vietnam dari China pada Abad Pertengahan

sejarah-dalam-sorotan,-kisah-kemerdekaan-vietnam-dari-china-pada-abad-pertengahan

HANOI-KEMPALAN: Bình Ngô Đại Chiến (Kalahnya Wu) adalah sebuah film animasi besutan satu tim yang dikenal dengan nama Đuốc Mồi. Semenjak rilis, film tersebut telah mendapatkan lima juta pemirsa yang ingin melihat bagaimana lintasan sejarah Vietnam.

Memang, film tersebut mengajak para penontonnya untuk mengenal hal-hal penting berkaitan dengan sejarah Vietnam dengan mengenal tokoh, tempat, dan kejadian yang ada. Salah satu kisahnya adalah pemberontakan Dai Viet melawan tentara Cina. Pasukan Vietnam ini dipimpin oleh seorang jenderal sohor, Le Loi yang menjadi raja pada 1428.

Film itu nyatanya sukses dengan sutradaranya, Kỷ Thế Vinh, mengatakan jumlah pemirsa melampaui dari estimasi mereka. Ia menambahkan pada awalnya film itu direncanakan hanya berdurasi 30 menit, namun seiring mereka menguak semakin banyak cerita, bertambah pula keinginan tim tersebut untuk menceritakan lebih banyak kepada pemirsanya.

Film tersebut mulai produksi pada akhir 2019 dan ditayangkan di Cinestar Quốc Thanh di Distrik 1 dari Kota Ho Chi Minh sebelum diluncurkan di platform YouTune yang menjadi trending film animasi pertama di Top 15 YouTube Vietnam, lalu mendapatkan penghargaan WeChoice karena memberikan kontribusi penting kepada masyarakat.

Sementara itu, ada juga Việt Sử Kiêu Hùng (Sejarah Epik Vietnam) yang merupakan salah satu proyek dengan crowdfunding yang berhasil di Vietnam. Proyek ini berisikan 20 episode dengan total durasi film mencapai 270 menit. Trần Minh Tuấn, mantan pimpinan Đuốc Mồi mengatakan, film seri itu diharapkan dapat membawa para pemuda di negara Asia itu lebih dekat dengan sejarah.

Melansir Vietnam News, ia juga menyatakan bahwa mereka di satu sisi menghargai sejarah dan di sisi lain memilih periode sejarah yang tidak terlalu kontroversial karena film animasi itu tidak ditujukan kepada anak-anak namun kepada orang dewasa guna menginspirasi mereka dari sejarah negaranya.

Tim Đuốc Mồi sendiri berisikan 10 orang anggota tetap dan sejumlah anggota tidak tetap yang juga ada di luar negeri, semua dikumpulkan dalam kecintaan mereka terhadap sejarah. Mereka bahkan berhasil menggaet dukungan profesional dari Đạt Phi Media yang memiliki koneksi dengan Walt Disney, Sony Pictures, dan Warner Bros.

Selain itu, tim tersebut turut mendapatkan bantuan dan saran dari orang-orang yang berkecimpung di bidang sejarah, seperti Profesor Sejarah Nguyễn Quang Ngọc yang merupakan wakil ketua Asosiasi Ilmu Sejarah Vietnam. Ia menyatakan bahwa film animasi itu membuat sejarah lebih populer ke pemuda yang tidak tertarik dengan hal itu sebelumnya. (reza hikam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.