Video  

Ekspor Argentina ke Brazil Meningkat Drastis

ekspor-argentina-ke-brazil-meningkat-drastis

Buenos Aires-Kempalan: Jumlah kuantitas ekspor antara Argentina-Brazil telah meningkat dan sedang dalam masa puncaknya semenjak tiga tahun belakangan. Namun dibalik itu, Argentina masih mengalami defisit di neraca perdagangannya.

Argentina merupakan salah satu negara di Amerika Latin selain Brazil dan lainnya sebagai penguasa ekonomi di Amerika Selatan. Argentina selama bertahun-tahun bahkan sejak tahun 1980-an telah menunjukkan kapabilitasnya dalam bidang ekonomi sebagai salah satu penguasa ekonomi di kawasan.

Argentina pada saat ini menempati peringkat tiga sebagai penyuplai ekonomi terbesar di Amerika Selatan setelah Tiongkok dan AS. Ekspor dari Argentina ke negara-negara Amerika Selatan telah mencapai 1,003 Juta USD sedangkan Tiongkok telah mencapai 4,052 Juta USD.

Berdasarkan data yang ada oleh Lembaga Perdagangan di Argentina, ekspor Argentina telah tumbuh sebesar 60% tiap tahunnya dan pada triwulan ini memecahkan rekor ekspor terbanyak. Tidak jauh berbeda dengan rekor pada tahun 2018 yang hampir sama namun pada tahun ini lebih tinggi. Namun dibalik itu, perdagangan Argentina masih mengalami defisit sebesar 116 Juta USD.

Kemudian bagi Brazil, berdasarkan data yang ada adalah bahwa peningkatan ekspor sebesar 60% dari Argentina ke Brazil dipengaruhi oleh adanya peningkatan permintaan kendaraan bermotor dan gandum. Kemudian di perekonomian Brazil, Argentina menempatin peringkat ketiga setelah Tiongkok dan AS dalam pembelian barang/

Arus ekspor antara kedua ekonomi negara tersebut sejauh ini telah menunjukkan peningkatan sebesar 49,5% tiap tahunnya dan mencapai 14,982 juta USD.

(MercoNews, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.