Video  

Karena Pembredelan Media Independen, Warga Rusia Unjuk Rasa

karena-pembredelan-media-independen,-warga-rusia-unjuk-rasa

MOSKOW-KEMPALAN: Pada hari Sabtu (4/9), terlihat banyaknya pendemo di Rusia yang menuntut pemerintah karena adanya tekanan kepada media independen. Independensi media di Rusia selalu menjadi salah satu permasalahan yang terus terjadi karena media dapat menjadi alat legitimasi rezim Putin untuk melanggengkan kekuasaannya.

Demo yang diinisiasi dan digerakkan oleh beberapa kandidat oposisi pada pemilu di Rusia pada bulan September ini telah mengantongi izin resmi untuk unjuk rasa supaya tidak ada penahanan kepada peserta demo dan adanya tuduhan mengumpulkan orang tanpa izin.

Dalam salah satu narasinya adalah bahwa mereka menyesali tindakan pemerintah Rusia yang memberikan tekanan kepada media independen seperti misalnya ke salah satu media independen terkenal yaitu Dozhd dan Meduza dengan tuduhan “Agen asing” dan dianggap sebagai salah satu ancaman kepada pemerintah.

“Pemerintah kami ingin menghapus kebebasan bermedia dengan adanya label “Agen asing” kepada salah satu media independen terbaik yang kami miliki yaitu Dohzd dan Meduza. Langkah tersebut menjadi salah satu cara mendirikan kediktatoran,” ucap aktivis Nikolai Kavkazsky yang maju sebagai calon oposisi dari partai Yabloko.

Media independen, jurnalis, pendukung oposisi serta aktivis HAM dan lainya telah mengalami tekanan secara terus menerus oleh pihak rezim dengan semakin dekatnya tanggal pemilu yaitu 19 September mendatang. Terkait itu, tindakan tersebut merupakan salah satu cara Putin untuk mendaki jalannya menjadi penguasa lagi. (FoxNews, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.