Video  

Liga Arab-Rusia Adakan Konsultasi Permasalahan Kawasan

liga-arab-rusia-adakan-konsultasi-permasalahan-kawasan

MOSKOW-KEMPALAN: Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab, Hossam Zaki mengunjungi Moskow dalam rangka konsultasi politik untuk membahas masa depan permasalahan di kawasan negara-negara Arab.

Zaki juga menandatangani nota persetujuan untuk kerja sama antara Liga Arab dengan Komite Pemilihan Rusia.

“Hossam Zaki mengunjungi Moskow dalam rangka untuk berdiskusi dan berdialog bersama Wakil Kementerian Luar Negeri Rusia serta staff seniornya dan utusan Rusia di Timur Tengah yaitu Mikhail Bogdanov” ucap perwakilan Liga Arab.

“Dalam pertemuan tersebut, terjadi diskusi ekstensif dalam membicarakan beberapa permasalahan di kawasan Arab seperti misalnya isu Palestina, isu krisis Suriah, situasi di Libya dan pengembangan uranium di Iran serta lainnya” ucap tambahnya.

“Diskusi tersebut dapat dikarakteristikkan sebagai upaya kontribusi untuk memperjelas visi masing-masing pihak tentang suatu permasalahan,” ucap asisten Sekretaris Jenderal yang mendatangi Moskow.

Diskusi tersebut juga menghasilkan persetujuan kerja sama antara Rusia dan pihak Arab untuk mengadakan Forum Kerja sama Arab-Rusia ke enam dalam tingkat kementerian di Marrakesh pada akhir Oktober mendatang.

Rusia memang sengaja untuk mencari kawan di kawasan Timur Tengah dikarenakan semakin kuatnya influensi AS di kawasan tersebut. Sejauh ini, Rusia telah memiliki banyak perjanjian kerja sama bilateral antara negara-negara di Timur Tengah dan untuk terbarunya terjadi perjanjian kerja sama antara Rusia-Arab Saudi dalam bidang kerja sama militer.

Kehadiran Rusia di kawasan ini dengan mengikuti forum tingkat menteri menjadi salah satu agenda menarik persaingan gepolitik antara Rusia-AS. (DailyNews Egypt, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.