Video  

Macron di IUCN: Kurang Setuju dengan Perjanjian EU-Mercosur

macron-di-iucn:-kurang-setuju-dengan-perjanjian-eu-mercosur

PARIS-KEMPALAN: Konferensi Internasional IUCN yang diadakan pada Jumat (3/9) di Marseille dengan bahasan utama mengenai keadaan satwa liar di bumi dan permasalahan biodiversitas yang ada di dunia ini. Berkaitan dengan itu, pemerintahan Prancis di bawah Presiden Macron menegaskan bahwa pihaknya akan mengoposisi perjanjian perdagangan antara Uni Eropa dan Mercosur (organisasi regional Amerika Latin) karena adanya perbedaan dan ketidakcocokan terkait isu lingkungan.

Macron berkata bahwa dirinya akan kukuh dan teguh pada pendiriannya mengenai pro-lingkungan hingga gilirannya menjadi pemimpin Uni Eropa dari rotasi pada tahun 2022. Ia menjelaskan bahwa perjanjian antara Uni Eropa dengan Mercosur “Tidak sesuai dengan agenda lingkungan dan biodiversitas”.

Perjanjian perdagangan antara Uni Eropa dan Mercosur yang berarti keterlibatan negara-negara Eropa dengan negara-negara Amerika Selaran akan memberikan kompetisi ekonomi baru dan tidak sesuai dengan paham environmentalist yang sangat memerlukan perlindungan lingkungan.

“Bukan berarti bahwa kami tidak percaya dan nyaman dengan Mercosur, tapi sebaliknya. Kita harus membuat sebuah kebijakan dari adanya perjanjian Uni Eropa-Mercosur yang dapat menjamin terjalinnya kebijakan yang konsisten dan berkesinambungan dengan kebijakan lingkungan dan kebijakan biodiversitas,” ucap Macron dalam konferensi IUCN.

Perjanjian Uni Eropa-Mercosur yang telah dinegosiasikan oleh Komisi Eropa harus bisa disetujui oleh semua anggota parlemen dari negara anggota Uni Eropa. Jika tidak, maka tidak akan terlaksana. (MercoPress, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.