Video  

Menhan dan Menlu AS Kunjungi Mitra di Teluk Persia

menhan-dan-menlu-as-kunjungi-mitra-di-teluk-persia

WASHINGTON DC.-KEMPALAN: Menteri Pertahahan AS Lloyd Austin dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan mengunjungi beberapa negara mitranya di Timur Tengah dalam rangka untuk kembali menjalin kerja sama dalam transisi perang 20 tahunnya yang gagal di Afghanistan.

Petinggi keamanan nasional AS mengatakan bahwa dengan gagalnya perang 20 tahun AS di Afghanistan secara langsung membentuk dan merubah tindakan politik luar negeri AS dalam tindakannya di Timur Tengah. Salah satu tindakan pertama yang dilakukan adalah dengan mengunjungi beberapa negara sekutunya di sekitar Teluk Persia dan Eropa.

Menhan AS dan Menlu AS bepergian dengan destinasi negara yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama yaitu ingin menjalin kembali hubungan yang lebih erat terkait permasalahan Afghanistan dan cara menyeimbangkan kekuatan Rusia dan Tiongkok di kawasan. AS telah berada di Teluk Persia selama satu dekade lamanya di pangkalan Bahrain dan Biden tidak ingin menarik pasukan tersebut serta lebih berupaya untuk menantang posisi Tiongkok dan Rusia.

Antony Blinken akan mengunjungi Qatar dan nantinya ke Jerman untuk mengunjungi basis udara Ramstein yang merupakan tempat evakuasi warga Afghanistan.

Lloyd Austin kemudian berencana mengunjungi Bahrain untuk berbincang dengan pasukan AL AS yang terlibat secara langsung dalam misi evakuasi di Afghanistan. Selain itu ia berencana mengunjungi Kuwait dan Arab Saudi untuk bertemu dengan pemimpinnya. (USNews, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.