Video  

Rusia: Keanggotaan Ukraina di NATO Berbahaya

rusia:-keanggotaan-ukraina-di-nato-berbahaya

Moskow-Kempalan: Permasalahan Rusia-Ukraina merupakan salah satu permasalahan yang menarik karena banyak tindakan dari kedua negara tersebut yang dapat dianalisis. Bagi Rusia, dengan memiliki Rusia maka akan mudah bagi dirinya menguasai Eropa secara geopolitik. Politik luar negeri hingga domestik Rusia menjadi terpengaruh dengan adanya permasalahan Ukraina.

Juru Bicara Kremlin yaitu Dmitry Peskov berkata bahwa dengan adanya Ukraina yang sekarang menjadi anggota NATO maka akan menjadi berbahaya. Ia juga mengatakan bahwa pertemuan presiden AS yaitu Joe Biden dengan presiden Ukraina yaitu Volodymyr Zelensky merupakan salah satu agenda AS untuk mendukung Ukraina menjadi anggota NATO.

Meskipun begitu, juru bicara White House yaitu Jen Psaki mengatakan bahwa tindakan Ukraina memasuki NATO bukan karena ulah AS. Ia juga menambahkan bahwa kedepannya akan memberikan pelatihan serta program lainnya untuk menjadikan Ukraina sebagai mitra yang dapat diunggulkan bagi NATO.

“Hal ini menjadi sangat bahaya bagi kami (Rusia) karena NATO akan selalu memindahkan militernya semakin dekat dengan perbatasan kami” ucap Peskov. “Tindakan tersebut juga bisa mengakibatkan permasalahan di faktor lainnya” tambahnya.

Rusia dan Ukraina sudah terlibat dalam konflik sejak tahun 2014 di sisi selatan dan timur Ukraina. Ukraina menuduh bahwa tindakan aneksasi Krimea oleh Rusia akan menambah dan meluas ke Laut Hitam. Dengan adanya hal tersebut, diadakan referendum pada tahun tersebut dan hasilnya adalah bahwa masyarakat sekitar Laut Hitam setuju untuk hidup berada di bawah Rusia. Namun, referendum tersebut ditolak oleh banyak negara Barat dan PBB.

(CaspianNews, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.