Video  

Perdana Menteri Polandia: Rusia dan Belarusia Ancam Kedaulatan

perdana-menteri-polandia:-rusia-dan-belarusia-ancam-kedaulatan

Warsawa-Kempalan: Perdana Menteri Polandia yaitu Mateusz Morawiecki berbicara di hadapan parlemen pada Senin (6/9) dengan menyatakan bahwa Rusia dan Belarusia mengancam kedaulatan negaranya. Hal tersebut ia lakukan dalam rangka untuk melakukan voting di parlemen untuk menyetujui atau tidaknya pengaktikan status Keadaan Darurat Negara (terj: State of Emergency) dengan adanya permasalahan di sekitar perbatasan dalam rangka semakin banyaknya migran yang mencoba memasuki Polandia.

Voting untuk mengakitkan Keadaan Darurat Negara tersebut merupakan salah satu sejarah baru bagi Polandia semenjak dikuasai oleh Komunis. Ia mengatakan bahwa tindakan untuk mengamankan perbatasan tersebut merupakan tanggung jawab negara dan melihat bahwa keadaan tersebut disebabkan oleh Rusia dan Belarusia yang mengancam kedaulatan Polandia. Ia mengatakan bahwa “Kami tidak pernah memiliki tensi yang sebesar ini sejak 30 tahun terakhir”.

Morawiecki mengatakan bahwa migran yang berusaha memasuki Polandia merupakan migran ilegal yang berasal dari Belarusia dan pihak keamanan Belarusia sendiri memberikan uang serta makanan sehingga dapat dikatakan bahwa tindakan tersebut merupakan operasi penyelundupan ilegal yang disengaja. Bukti tersebut diperkuat dengan dirilisnya foto oleh pemerintah Polandia yang menjadi bukti bahwa tindakan tersebut benar terkait pemberian makanan dan uang kepada migran yang ingin memasuki Polandia.

Sudah terdapat ribuan migran yang dipaksa balik dari perbatasan Polandia-Belarusia namun yang menjadi fokus adalah terjadinya penahanan sekitar 30 orang di perbatasan tersebut.

(ABCNews, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.