Video  

UEFA: Mulai Minggu Depan, Fans Sudah Bisa Hadiri Pertandingan Tandang

uefa:-mulai-minggu-depan,-fans-sudah-bisa-hadiri-pertandingan-tandang

LONDON-KEMPALAN: UEFA telah mengkonfirmasi bahwa penggemar tandang dapat mulai menghadiri pertandingan kompetisi klub Eropa mulai minggu depan.

Pendukung tandang akan mulai dapat menghadiri pertandingan di Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi, namun dengan tetap tunduk pada pembatasan virus corona dari pemerintah nasional.

Penggemar tandang sudah lama tidak dapat menghadiri hampir semua pertandingan di klub sepak bola Eropa sejak awal pandemi, dengan hanya sejumlah kecil penggemar yang diizinkan di final Liga Champions dan Liga Eropa pada bulan Mei.

Larangan total terhadap penggemar tandang telah diberlakukan untuk putaran kualifikasi tiga kompetisi klub Eropa UEFA musim ini.

Namun, UEFA mencabut larangan tersebut pada hari Senin (6/8). Keputusan tersebut akan berpotensi mengizinkan penggemar tandang untuk menghadiri pertandingan paling cepat minggu depan, ketika babak penyisihan grup dari tiga kompetisi dimulai.

“Mempertimbangkan perbedaan aturan dan regulasi yang berlaku di seluruh wilayah asosiasi anggota UEFA, diputuskan untuk tidak lagi menerapkan MHHRRS, tetapi menyerahkan keputusan apa pun terkait penonton kepada otoritas kompeten terkait.” bunyi pernyataan UEFA.

“Oleh karena itu, bagian terkait yang mengacu pada penerimaan penonton dalam Protokol Kembali Bermain UEFA telah disesuaikan. Selain itu, sejalan dengan penyesuaian Protokol, pertukaran tiket kepada suporter tim tamu tidak lagi dilarang.” tambah Pernyataan tersebut.

“Oleh karena itu, praktik standar akan dipulihkan, yaitu 5 persen dari total kapasitas stadion yang diizinkan akan disediakan untuk penggemar tim tandang, tergantung pada keputusan apa pun dalam hal ini yang berada di bawah tanggung jawab otoritas kompeten yang relevan.” tutup pernyataan tersebut.

Langkah ini menjadi kabar positif bagi sejumlah klub Inggris yang tengah mempersiapkan laga tandang pekan depan.

Manchester United melakukan akan perjalanan untuk menghadapi Young Boys di Liga Champions pada 14 September – sementara di Liga Europa, West Ham melakukan perjalanan untuk menghadapi Dinamo Zagreb pada 16 September.

Tottenham juga melakukan perjalanan untuk menghadapi Rennes di Liga Konferensi Eropa pada 16 September.

UEFA juga mengkonfirmasi bahwa tidak akan lagi mengharuskan pemain yang telah sepenuhnya divaksinasi atau pulih dari virus corona untuk diuji lagi untuk bermain di kompetisinya.

Namun, pemain mungkin masih perlu menjalani pengujian untuk memasuki negara lain untuk pertandingan, tergantung pada pembatasan virus corona pemerintah nasional.

“Diputuskan untuk mengecualikan semua individu yang sepenuhnya divaksinasi terhadap SARS-CoV-2 dan/atau telah pulih dari COVID-19 dari pengujian lebih lanjut untuk tujuan memasuki Zona 1 pada pertandingan UEFA.” tambah pernyataan UEFA.

“Namun, penting untuk dicatat bahwa itu tetap menjadi tanggung jawab tim untuk memverifikasi sebelum melakukan perjalanan ke tempat pertandingan mana pun di negara lain. Itu termasuk memeriksa apakah jenis vaksinasi semua individu dari delegasi tim diterima oleh otoritas negara yang akan mereka kunjungi untuk pertandingan.” tambahnya.

“Jika persyaratan masuk tambahan (misalnya pengujian pada saat kedatangan) berlaku, tim bertanggung jawab untuk mematuhi aturan tersebut, agar dapat memasuki negara terkait dan berpartisipasi dalam pertandingan UEFA masing-masing.” tutup pernyataan tersebut.

(Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.