Video  

Ratusan Warga Afghanistan Unjuk Rasa Meminta Kebebasan

ratusan-warga-afghanistan-unjuk-rasa-meminta-kebebasan

KABUL-KEMPALAN: Ratusan peserta unjuk rasa memenuhi jalanan di Kabul, Afghanistan dengan meneriakkan slogan “Anti-Taliban” dan meminta kebebasan.

Unjuk rasa yang dihadiri oleh peserta dari berbagai macam golongan masyarakat mulai dari pekerja, perempuan dan lainnya telah mulai unjuk rasa sejak Senin (6/9) waktu setempat hingga sore hari sebelum akhirnya pasukan Taliban membubarkan kerumuman dengan cara menembakkan peluru ke udara.

Jurnalis yang ada disana juga dilarang meliput apa yang sedang terjadi pada saat itu. Salah satu media swasta Afghanistan yaitu TOLONews mengatakan bahwa salah satu kameramennya ditahan karena merekam aksi unjuk rasa tersebut.

Kemudian juga dari berbagai macam sumber yang ada, dikatakan bahwa Taliban menghancurkan beberapa kamera milik jurnalis sekaligus menahan jurnalis tersebut ketika kerumuman berada di sekitar Istana Presiden.

Ghori, salah satu peserta unjuk rasa meliput dari Aljazeera mengatakan bahwa dirinya hanya menginginkan kebebasan dan meminta pemerintahan yang inklusif dimana perempuan dapat diikutsertakan dalam kehidupan bernegara. “Kami meminta hak kami sebagai rakyat, sebuah sistem politik yang menghormati semua kalangan warga Afghanistan tanpa terkecuali” ucap Ghori.

Ia juga mengatakan bahwa Taliban sempat memukuli beberapa peserta unjuk rasa dengan memukul menggunakan bagian bawah senapan. Kemudian ia juga menambahkan bahwa setidaknya dua orang peserta unjuk rasa terluka dan dibawa ke rumah sakit terdekat. (Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.