Video  

Taliban Umumkan Nama-nama Plt Menteri dan Kepala Departemen, Siapa Saja?

taliban-umumkan-nama-nama-plt-menteri-dan-kepala-departemen,-siapa-saja?

KABUL-KEMPALAN: Semenjak 16 Agustus 2021 lalu, Taliban mengambil alih Kabul, ibukota Afghanistan dari tangan pemerintahan Ashraf Ghani yang melarikan diri ke Uni Emirat Arab. Semenjak itu, Taliban semakin kuat legitimasinya di hadapan pemimpin yang melarikan diri dari negaranya.

Pelarian Ashraf Ghani ini dianggap tindakan pengecut oleh sejumlah mantan pejabatnya, termasuk Kepala Badan Rekonsiliasi Nasional Abdullah Abdullah dan mantan presiden yang namanya dijadikan bandara di Kabul, Hamid Karzai. Selain itu, wakil presidennya, Amrullah Saleh menggelorakan perlawanan di Lembah Pansjhir yang sudah ditakdirkan untuk kalah.

Dengan semakin mapannya kekuasaan Taliban di Afghanistan, kelompok militan itu berusaha mengubah citranya melalui para juru bicaranya, seperti Zabihullah Mujahid. Bahkan Mawlawi Abdulhaq, jubir Taliban lainnya melakukan wawancara dengan perempuan di TOLOnews.

Daftar nama plt menteri dan kepala departemen. (twitter Suhail Shaheen)

Sementara itu, juru bicara Taliban yang kerap keluar di media Barat, Suhail Shaheen sudah mengeluarkan sejumlah nama yang akan menjadi Plt Menteri dan Kepala Departemen di pemerintahan Afghanistan.

Tidak seperti prediksi sebelumnya, nama Mullah Abdul Ghani Baradar yang selama ini menjadi wajah politik Taliban dan ketua kantor politik kelompok tersebut di Doha, justru menjadi wakil perdana menteri, sementara perdana menterinya adalah Mullah Muhammad Hassan Akhund.

Anak dari Jalaludin Haqqani yang terkenal akan jejaring Haqqani-nya, Mawlawi Sirajuddin Haqqani menjadi Menteri Dalam Negeri. Sementara Zabihullah Mujahid menjadi Wakil Menteri Informasi dan Penyiaran. Lalu, diplomat terkenal dari Taliban, Sher Abbas Stanikzai mendapatkan posisinya dulu sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. (reza hikam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.