Video  

Akselerasi Kemampuan Literasi Digital, Kominfo dan GNLD Siberkreasi Kolaborasi dengan TikTok

akselerasi-kemampuan-literasi-digital,-kominfo-dan-gnld-siberkreasi-kolaborasi-dengan-tiktok

JAKARTA-KEMPALAN: Di era yang serba modern dan kondisi yang masih dihantui dengan pandemi Covid-19, maka sumber daya manusia sudah seyogianya untuk dapat memahami literasi digital. Oleh karenanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggandeng platform aplikasi TikTok untuk meningkatkan eskalasi kemampuan literasi digital.

Hal ini disampaikan oleh Semuel A Pangerapan selaku Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo. Ia berujar jika kolaborasi antara pemerintah dengan berbagai layanan teknologi dapat berbanding lurus untuk mengoptimalkan kemampuan literasi digital. Literasi digital menjadi salah satu skill fundamental yang harus dimiliki setiap individu, terutama untuk berinteraksi serta mengakses layanan digital.

“Kami percaya kemampuan memanfaatkan teknologi digital yang baik dapat membuka banyak peluang positif bagi bangsa Indonesia, baik dalam kehidupan sosial dan ekonomi,” ujar Semuel A Pangerapan dalam keterangan resminya, dikutip dari Antara, pada Rabu (8/9).

Kolaborasi terstruktur dan fungsional antara pihak Kementerian Kominfo, GNLD Siberkreasi, dan aplikasi TikTok adalah manifestasi dari visi ke depan dari pemerintah, terkhusus dalam konteks literasi digital. Rencananya, kolaborasi ini akan mencanangkan berbagai variasi program yang secara output mensosialisasikan kepada masyarakat guna bertindak positif, edukatif, dan inspiratif di kanal digital.

Aplikasi TikTok akan meluncurkan berbagai in-app challenge yang kontekstual dengan kurikulum empat pilar terkait kecakapan digital atas dasar koordinasi dengan Kementerian Kominfo. Seperti cakap bermedia digital (digital skills), aman bermedia digital (digital safety), etika bermedia digital (digital ethics), dan budaya dalam bermedia (digital culture).

Selain in-app challenge yang sangat kekinian dan “anak muda” sekali, ada program edukatif bernama “Bincang Literasi Digital: Ciptakan Kebaikan di Platform Digital” dalam bingkai webinar nasional. Harapannya, webinar ini dapat menjadi ruang diskursus substantif dengan materi-materi menarik dari para narasumber yang tentu kredibel. (Rafi Aufa Mawardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.