Video  

Polandia Umumkan Keadaan Darurat Negara

polandia-umumkan-keadaan-darurat-negara

Warsawa-Kempalan: Parlemen Polandia secara resmi mengumumkan kebijakan Keadaan Negara Darurat (terj: States of Emergency) ditengah semakin menguatnya isu migrasi ilegal yang memasuki Polandia serta latihan militer yang diadakan oleh Rusia di kemudian hari.

Parlemen Polandia meloloskan dan menyetujui pengaktifan Keadaan Negara Darurat pada Senin (6/9) meskipun banyak pihak yang melakukan oposisi secara terang-terangan dengan alasan bahwa keadaan darurat yang berdasar pada perbatasan Belarusia masih mengalami tumpang tindih serta tidak proporsional karena terlalu tergesa-gesa.

Salah satu isi dari adanya kebijakan tersebut adalah melarang semua kerumunan yang ada di sekitar perbatasan serta membatasi pergerakan selama 30 hari kedepan dengan adanya penjagaan oleh pasukan militer Polandia.

Belarusia bukan negara anggota dari Uni Eropa, namun berbagi perbatasan langsung dengan tiga negara Uni Eropa.

Polandia dan bahkan Uni Eropa menuduh Belarusia dengan presidennya yaitu Alexander Lukashenko karena telah melakukan praktek penyelundupan secara ilegal ke dalam Polandia yang dibuktikan dengan foto yang dirilis pemerintah Polandia bahwa pasukan keamanan Belarusia memberikan makanan dan uang kepada migran ilegal tersebut.

Namun, pihak Belarusia menolak adanya tuduhan tersebut dan kemudian menyalahkan negara-negara Barat atas situasi yang ada di perbatasan tersebut.

Aktivis HAM juga melakukan unjuk rasa di depan parlemen Polandia di hari yang sama ketika diloloskannya kebijakan tersebut. Mereka merasa khawatir terhadap para migran yang sudah terjebak di perbatasan serta para migran yang diusir dari perbatasan.

(BBC, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.