Video  

Kabinet Baru Afghanistan, Menhan AS: Sama seperti Sebelumnya

kabinet-baru-afghanistan,-menhan-as:-sama-seperti-sebelumnya

WASHINGTON DC.-KEMPALAN: Afghanistan yang baru saja dikuasai oleh Taliban merupakan salah satu fenomena dunia internasional yang hangat, tidak hanya karena proses evakuasi besar-besaran hingga terjadi teror bom bunuh diri.

Dalam politik domestik Taliban sendiri, terdapat satu hal yang ditunggu yaitu janji Taliban yang mengatakan bahwa pihaknya akan membuat pemerintahan yang inklusif dimana tiap orang diperlakukan sama terlepas dari gender, ras dan lainnya.

Nyatanya, janji tersebut hanya sebuah retorika belaka karena ketika pengumuman kabinet baru, dipastikan bahwa tidak ada perempuan yang menempati posisi teratas di pemerintahan. Hal itu membuat Menteri Pertahanan AS yaitu Lloyd Austin mengatakan bahwa AS tidak melihat bukti bahwa Taliban membuat sebuah pemerintahan inklusif yang dijanjikan.

Ia berkata bahwa posisi teratas yang ada di Taliban “seperti sebelumnya” dengan “orang yang sama”.

“Saya pikir masyarakat internasional sangat mengharapkan bahwa mereka (Taliban) akan menjadi inklusif sebagaimana apa yang mereka janjikan sebelumnya, namun hingga saat ini kami tidak melihat ada bukti bahwa mereka melaksanakan janji tersebut. Kebanyakan mereka adalah aktor yang sama yang pernah muncul sebelumnya,” ucap Austin.

Ia juga menambahkan bahwa masyarakat internasional sangat menunggu kelanjutan dari apa yang akan dilakukan oleh Taliban. “Kami akan melanjutkan untuk mendengarkan apa yang akan mereka (Taliban) katakan, namun pada saat ini, yang mereka lakukan adalah sama seperti sebelumnya” ucapnya. (ABCNews, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.