Video  

Universitas Narotama Maksimalkan Manfaat Program Kampus Merdeka

universitas-narotama-maksimalkan-manfaat-program-kampus-merdeka

SURABAYA – KEMPALAN : Universitas Narotama Surabaya siap mengaplikasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satunya dengan merombak kurikulum dan penerapan SKS yang menguntungkan mahasiswa dan dosen.
Wakil Rektor 1 Universitas Narotama, Dr. M. Ikhsan Setiawan mengatakan, MBKM adalah salah satu kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makariem. Program ini memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan.
Universitas Narotama Surabaya pun sudah menyediakan program-program yang diatur dalam MBKM. “Beberapa program seperti Magang dan Studi Independen, Pertukaran Mahasiswa, dan Kampus Mengajar, sudah kami terapkan sejak lama. Namun selama ini SKS nya kecil,” tuturnya di sela pelantikan pejabat struktural Universitas Narotama, Jumat (10/9).
Ikhsan menambahkan, dengan adanya program MBKM ini, magang dan pertukaran pelajar tersebut difasilitasi langsung oleh pemerintah. “Sehingga ini kesempatan besar yang tidak boleh dilewatkan. Selama ini magang hanya 3 SKS, tapi sekarang bisa sampai 20 SKS dalam 3 semester. Tentunya ini menguntungkan bagi mahasiswa juga bagi dosen pembimbingnya,” lanjut Duta Kampus Merdeka Universitas Narotama tersebut.
Universitas Narotama pun sudah merombak kurikulum menjadi kurikulum MBKM. Dia mengatakan langkah ini diambil karena memiliki manfaat besar, membuka peluang pertukaran mahasiswa baik dalam negeri ataupun antarnegara. Tak hanya itu, magang industri terfasilitasi dengan aneka bidang yang lebih beragam.
“Mungkin universitas lain ada yang belum melihat ini sebagai sebuah kesempatan besar, ada yang masih merasa ribet karena harus merombak kurikulum dan sebagainya. Padahal di balik itu, manfaatnya sangat besar,” katanya.
Ia berharap, dua Dekan baru Universitas Narotama yang dilantik juga akan membantu mendorong mahasiswa dan dosen serta jajarannya untuk menerapkan MBKM secara penuh di Universitas Narotama.
“Kita harus proaktif untuk memberikan informasi pada mahasiswa tentang kesempatan besar yang bisa mereka manfaatkan ini. Saya harap dosen bisa turun langsung untuk memberikan motivasi pada mahasiswa,” tutupnya.
Dalam kesempatan tersebut, Universitas Narotama melantik dua Dekan baru, yaitu Dr. Rusdianto Sesung, S.H.,M.H sebagai Dekan Fakultas Hukum, Ekonomi, dan Pendidikan; serta Dr. Cahyo Darujati, S.T.,M.T sebagai Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. [Nani Mashita]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.