Video  

Akhirnya, Pemain Brasil Dibolehkan Bermain Lagi

akhirnya,-pemain-brasil-dibolehkan-bermain-lagi

LIVERPOOL-KEMPALAN: Pelatih Liverpool FC Juergen Klopp akhirnya bisa bernafas lega. Karena, Klopp boleh memainkan pemain-pemain berkebangsaan Brasil-nya lagi pada laga pekan keempat Liga Inggris akhir pekan ini.
Minggu malam (12/9), LFC menantang tuan rumah Leeds United di Elland Road, Leeds. Dalam laga itu, klub berjuluk The Reds tersebut sudah boleh memainkan pemain-pemainnya dari Brasil. Seperti kiper Alisson Becker, gelandang Fabinho, dan striker Roberto Firmino.

Kepastian tersebut didapatkan setelah ada kesepakatan antara Premier League, Federasi Sepakbola Inggris (FA), FIFA, dan beberapa Federasi sepakbola Amerika Tengah dan Amerika Latin, Jumat petang waktu Zurich (10/9). Termasuk Federasi Sepak Bola Brasil (CBF).

’’Sepakat untuk mengabaikan pembatasan lima hari otomatis,’’ sebut pernyataan FIFA seperti yang dikutip dari situs Sky Sports. Termasuk CBF, tercatat ada empat federasi yang telah menyepakatinya. Antara lain Federasi Sepakbola Cile (FFCh), Meksiko (FMF), dan Paraguay (APF).

Selain trio pemain klub berjuluk The Reds itu, tercatat ada delapan pemain klub-klub dari Liga Inggris yang sempat dihukum larangan main dalam pekan ini. Raphinha pun akan bermain di laga melawan LFC.

Duo Brasil Manchester City Ederson Moraes dan Gabriel Jesus pun sudah diperbolehkan turun ketika menghadapi Leicester City di King Power Stadium, Leicester, pada Sabtu malam (11/9).

Fred pun akan merasakan main bareng Cristiano Ronaldo saat debutnya di Old Trafford, Manchester, Sabtu malam. Pelatih Chelsea Thomas Tuchel pun juga bisa memainkan bek tengah senior Thiago Silva saat menghadapi Aston Villa.

Klopp, sebelum keputusan FIFA itu, mengeluhkan larangan FIFA tersebut. ’’Seharusnya tidak ada yang harus dilarang karena memang tidak ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Itu menurut pendapat saya pribadi,’’ kata Klopp.

Kedelapan pemain Brasil itu dilarang terbang ke Amerika Latin selama Kualifikasi Piala Dunia 2022 kemarin karena Brasil masuk daftar merah pemerintah Inggris. Pelarangan itu sudah sesuai kesepakatan klub-klub Liga Inggris sebelum jeda internasional.

Klopp menegaskan, LFC dan klub-klub Liga Inggris lainnya bukan bermaksud melarang pemain-pemain membela negaranya. ’’Tapi yang kami keberatan adalah ketika mereka kembali ke sini (Inggris) tak bisa bermain setidaknya dalam empat laga (karena harus dikarantina selama 10 hari di hotel,’’ tambah Klopp.

Ketika pemain-pemain yang gagal memperkuat Selecao (julukan timnas Brasil) mendapat lampu hijau dari FIFA kembali bermain, sebaliknya dengan pemain yang nekat pulang kampung ke Amerika Latin.

Terutama pemain Argentina seperti Emiliano Martinez, Emiliano Buendia, Giovani Lo Celso, dan Cristian Romero. Mereka masih harus menjalani karantina sepuluh hari di Kroasia yang masuk daftar hijau Inggris. (Sky Sports/The Guardian, Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.