Video  

Apa dan Siapa Al-Qaida

apa-dan-siapa-al-qaida

KEMPALAN: Lahir dari perang tahun 1980-an melawan pendudukan Uni Soviet di Afghanistan, kelompok teror al-Qaida di bawah Osama bin Laden tumbuh menjadi ancaman generasi ke Amerika yang memuncak dalam serangan 11 September 2001 yang meruntuhkan World Trade Center di New York.

Serangan 9/11, yang juga membuat Pentagon diserang oleh pesawat komersial yang dibajak oleh militan kelompok tersebut, menyebabkan invasi pimpinan AS ke Afghanistan dan dimulainya perang terpanjang Amerika yang baru saja berakhir dengan pengangkutan udara militer yang panik dari Kabul.

Ini juga mewakili jenis bahaya baru, perang bukan melawan bangsa itu sendiri tetapi jaringan bayangan pemodal, pembantunya dan pembom bunuh diri yang berlanjut bahkan setelah pembunuhan bin Laden di tangan US Navy SEAL pada 2011 di Pakistan. Yang lain telah mengikuti model mereka untuk hasil yang lebih mengerikan.

Dalam file foto 11 September 2001 ini, menara selatan World Trade Center, kiri, mulai runtuh setelah serangan teroris di gedung-gedung penting di New York. (AP Photo/Gulnara Samoilova, File)

ASAL

Al-Qaida, atau “basis” dalam bahasa Arab, diorganisir saat Soviet menarik diri dari Afghanistan. Berharap untuk memanfaatkan dukungan yang diterima mujahidin, atau “pejuang suci” selama perang mereka melawan Moskow, bin Laden membentuk al-Qaida dan menjadi pemimpinnya. Putra seorang raja konstruksi di Arab Saudi, bin Laden juga menikmati kekayaan keluarga.

Dia menuntut pasukan AS mundur dari Arab Saudi, rumah bagi situs-situs paling suci dalam Islam. Amerika mengerahkan pasukan di sana menjelang Perang Teluk 1991 atas invasi diktator Irak Saddam Hussein ke Kuwait.

PUNCAKNYA

Pada tahun 1996, bin Laden mengeluarkan deklarasi perang resmi. Tetapi baru setelah truk-truk bermuatan bahan peledak diledakkan di luar kedutaan besar AS di Nairobi, Kenya, dan Dar es Salaam, Tanzania, yang menewaskan lebih dari 200 orang pada 7 Agustus 1998, ancaman itu menjadi nyata.

Pemboman bunuh diri al-Qaida di USS Cole di lepas pantai Aden, Yaman, menyusul pada tahun 2000. Tujuh belas orang tewas. Kemudian datang serangan 11 September. Bin Laden melarikan diri dari invasi pimpinan AS ke Afghanistan, hanya untuk diburu di Abbottabad, Pakistan, satu dekade kemudian.

WARISAN

Ayman al-Zawahiri, seorang Mesir yang menjadi pemimpin setelah kematian bin Laden, telah memudar dalam beberapa tahun terakhir dan diyakini dalam kesehatan yang buruk. Putra Bin Laden, Hamzah, yang menjadi tokoh terkemuka di dalam al-Qaida, kemudian dibunuh.

Tetapi keunggulan al-Qaida setelah 11 September membuatnya mendapatkan afiliasi di seluruh Timur Tengah. Salah satunya menjadi kelompok Negara Islam, yang memfilmkan pemenggalan dan pengambilalihan sebagian besar Irak dan Suriah mengejutkan dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.