Video  

Kerugian Bioskop Mencapai Rp 1 Triliun, Ketua GPBSI Kirimkan Surat ke Pihak Kementerian

kerugian-bioskop-mencapai-rp-1-triliun,-ketua-gpbsi-kirimkan-surat-ke-pihak-kementerian

JAKARTA-KEMPALAN: Pandemi Covid-19 mengguncang seluruh sektor, termasuk sektor industri perfilman. Seiring dengan masifnya virus di Indonesia, bioskop-bioskop harus ditutup sementara. Namun berkat kebijakan tersebut, kerugian bioskop selama penutupan mencapai Rp 1 triliun.

Hal ini disampaikan oleh Djonny Syafruddin selaku Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI). Atas berbagai kerugian yang dialami, sebagai representasi bioskop Indonesia, pihak GPBSI mengirimkan surat ke pihak Kementerian RI.

Substansi dari surat yang dikirim oleh pihak GPBSI adalah terkait harapan dari para pengusaha bioksop untuk melakukan pembukaan secara bertahap bioskop di Indonesia. Yang mana berkaitan dengan relaksasi pembatasan mobilisasi dari masyarakat beberapa bulan terakhir.

Djonny menjelaskan bahwa surat tersebut telah sampai di tangan pihak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yaitu Airlangga Hartanto. Sebelumnya, pihak paguyuban pengusaha bioskop ini beberapa kali juga mengadakan diskusi substansial yang membahas perihal pembukaan layar bioskop.

“Sebelum tanggal 6 September sudah dikirim, minta supaya bioskop tolong dibuka udah kelamaan ditutup,” ujar Djonny, dikutip dari Bisnis, pada Minggu (12/9).

Secara rinci, kerugian hingga Rp 1 triliun merupakan akumulasi dari total pengusaha bioksop di tanah air. Lalu, satu bioskop yang tidak dapat buka mengalami kerugian hingga Rp 150 juta per bulan. Oleh karenanya, pihak paguyuban pengusaha bioskop sangat mengharapkan adanya feedback positif berupa kebijakan yang mengakomodir kebutuhan bioskop.

“Banyak ruginya dari A sampai Z, karyawan dirumahkan, bayar listrik, sewa mal, segala macam kerugiannya besar sekali,” jelasnya.

Pandemi Covid-19 yang sudah mulai menurun membuka potensi untuk sektor bioskop dapat dibuka. Oleh karenanya, pihak GPBSI akan selalu mengimplementasikan protokoler kesehatan sesuai dengan yang dihimbau oleh pemerintah. (Rafi Aufa Mawardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.