Video  

Pesawat Pakistan Tiba di Kabul sebagai Penerbangan Internasional Pertama

pesawat-pakistan-tiba-di-kabul-sebagai-penerbangan-internasional-pertama

Kabul-Kempalan: Penerbangan internasional dari Pakistan International Airline (PIA) melakukan penerbangan dari Islamabad ke Afghanistan telah tiba di Kabul pada Senin (13/9) yang menandai sebagai penerbangan internasional pertama semenjak Afghanistan diambil alih oleh Taliban.

Penerbangan internasional tersebut dari Islamabad membawa beberapa penumpang -tidak banyak untuk mendarat di Kabul. “Tidak terlalu banyak orang yang berada di dalam pesawat tersebut, hanya sekitar 10 orang saja. Mungkin lebih banyak staff daripada penumpang”. Ucap salah satu jurnalis AFP yang mewawancarai salah satu staff di PIA.

Tidak berhenti lama di bandara yang telah lama tutup sebagai bagian dari proses evakuasi besar-besaran, Pakistan International Airline (PIA) langsung mengudara kembali menuju ibukota Pakistan dengan membawa sekitar 70 orang penumpang.

Rata-rata penumpang yang akan menuju ke Islamabad kebanyakan merupakan warga Afghanistan yang biasanya merupakan saudara atau keluarga dari pekerja di organisasi internasional semisal PBB atau World Bank.

Penerbangan baik domestik maupun internasional menjadi kunci bagi Taliban untuk dapat meraih simpati di dunia internasional karena sebelumnya mereka berjanji bahwa Taliban akan mengizinkan siapapun termasuk warga Afghanistan untuk dapat meninggalkan negaranya asalkan memiliki dokumen yang valid dan legal.

“Saya akan kembali ketika keadaan disini sudah membaik, ketika perempuan sudah diperbolehkan untuk bekerja dan bebas” ucap salah satu mahasiswa yang akan melakukan penerbangan ke Pakistan untuk melakukan liburan.

Pihak penerbangan PIA mengatakan bahwa penerbangan tersebut akan menjadi layanan penerbangan yang reguler dan normal, namun ia juga mengatakan bahwa tidak ada jaminan pasti seberapa sering pesawat tersebut akan menghubungkan kedua negara tersebut.

(France24, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.