Video  

Menpan-RB: Pandemi Covid-19 Turut Mengubah Cara Kerja Instansi Pemerintah dan ASN

menpan-rb:-pandemi-covid-19-turut-mengubah-cara-kerja-instansi-pemerintah-dan-asn

JAKARTA-KEMPALAN: Situasi pandemi Covid-19 menguraikan berbagai dampak yang menyerang sektor-sektor fundamental. Namun, hal ini memberikan adanya perubahan mekanisme dari cara kerja pada sektor pemerintahan, terkhusus para pekerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Tjahjo Kumolo selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Situasi Covid-19 mengakibatkan cara kerja dari instansi yang cenderung lebih memanfaatkan teknologi digital. Misalnya, dengan melakukan rapat secara daring melalui Zoom meeting, adanya webinar-webinar yang masif, hingga proses edukasi yang online.

“ASN semakin dituntut untuk dapat cepat beradaptasi dengan perubahan,” ujar Tjahjo Kumolo, pada acara Program DIgitalisasi Leadership Academy (DLA) tahun 2021, dikutip dari Tribunnews, pada Senin (13/9).

Politisi PDIP ini berujar, bahwa era yang serba digital ini nyatanya memeperlihatkan adanya disparitas atau kesenjangan dalam konteks pengadopsian teknologi pada para Aparatur Sipil Negara (ASN). Menurutnya, hal ini terjadi karena ada sekitar 4 juta ASN yang lahir dari berbagai klasifikasi pendidikan yang berbeda pula.

“Dengan jenjang pendidikan mulai SD sampai S3. Kesenjangan masalah teknologi informasi juga masih terjadi pada ASN,” jelasnya.

Informasi saja, saat ini ASN terdiri dari kategori yaitu PNS dan PPPK. Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Terakhir, Tjahjo mengharapkan agar para ASN dapat beradaptasi dengan keadaan Covid-19. Implementasi teknologi menjadi suatu hal yang niscaya, terutama di zaman disrupsi dengan iklim yang modern ini. (Rafi Aufa Mawardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.