Video  

Taliban Umumkan Aturan Pendidikan Baru bagi Perempuan

taliban-umumkan-aturan-pendidikan-baru-bagi-perempuan

Kabul-Kempalan: Menteri Pendidikan Taliban baru saja mengumumkan mengenai peraturan bagi bagi perempuan yang ingin melanjutkan pendidikan. Peraturan tersebut adalah mengenai bahwa akan ada pemisahan sekolah berdasarkan gender dan menggunakan hijab untuk menutupi kepalanya.

Abdul Baqi Haqqani yang merupakan Menteri Pendidikan Taliban baru mengumumkan beberapa kebijakan tersebut mengenai pendidikan yang dilakukan oleh perempuan pada konferensi pers Minggu (12/9). Ia mengatakan bahwa Taliban akan melakukan segregasi atau pemisahan gender di semua universitas di Afghanistan sesuai dengan apa yang ada di dalam ajaran Islam.

Ia juga mengatakan bahwa segregasi berdasarkan gender di universitas berarti bahwa akan ada juga waktu alternatif belajar serta akan ada partisi di tengah untuk memisahkan gender yang berbeda serta tempat duduk yang berdasar kepada gendernya.

“Kami tidak akan membiarkan pria dan perempuan belajar berbarengan” ucap Haqqani dalam konferensi pers tersebut. Haqqani juga mengatakan bahwa subjek pelajaran atau mata ajar sedang di revisi, namun ia memastikan bahwa universitas di Afghanistan akan mampu untuk bersaing dengan universitas di region dan bahkan universitas di dunia.

Taliban juga berharap bahwa perempuan yang akan mengajari mahasiswa perempuan lainnya, namun jika memang tidak memungkinkan, maka pria bisa untuk mengajar namun dengan adanya peraturan yang ketat berdasarkan interpretasi Taliban mengenai hukum Syariah yang berdasar kepada ajaran Islam.

Haqqani mengatakan bahwa aturan tersebut dimaksudkan supaya dapat terwujudunya “Sistem Islam”. Ia menambahkan bahwa Taliban tidak akan mengulangi kesalahan Afghanistan pada dua dekade silam dimana perempuan dilarang untuk pergi ke sekolah. Taliban, katanya, berupaya untuk membangun kembali masyarakat seperti apa adanya pada saat ini.

(DW, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.