Video  

Presiden AS Tunjuk Dubes Perempuan ke Britania Raya

presiden-as-tunjuk-dubes-perempuan-ke-britania-raya

Washington D.C-Kempalan: Presiden AS Joe Biden menunjuk Dubes perempuan bernama Jane Hartley ke Britania Raya yang sekaligus memecahkan rekor dalam waktu 45 tahun kebelakang.

Sebelumya, AS juga pernah menunjuk Dubes perempuan bernama Anne Armstrong ke Britania Raya pada tahun 1976 dan pada tahun ini, pemilihan Dubes perempuan oleh Biden akan membuat sejarah baru di AS.

Jane Hartley pertama kali memulai karirnya sebagai bagian dari White House pada tahun 1978 hingga pada akhirnya menjadi CEO di salah satu perusahaan TV dan dilanjut sebagai konsultan ekonomi selama 20 tahun. Ia kemudian ditunjuk untuk menjadi Dubes AS untuk Prancis mulai tahun 2014 sekaligus sebagai penggalang dana paling andal untuk partai Demokrat. Penunjukkan tersebut bukan atas dasar yang tidak jelas, tetapi memang Jane sudah membuktikan bahwa dirinya mampu untuk mengurusi tanggung jawab yang besar.

Sebagaimana yang diketahui, pemberian jabatan Dubes merupakan hadiah diplomatik terbesar yang bisa diberikan oleh presiden. Pemberian Dubes untuk Jane menjadi salah satu upaya Biden untuk membalas budi jasanya yang telah loyal dan tetap membantu menggalang dana untuk kampanye Biden hingga bisa menjadi presiden pada saat ini.

Dikabarkan ia akan pindah ke Britania Raya dalam waktu dekat di minggu. Jane berhasil mengalahkan nominasi lainnya seperti misalnya Michael Bloomberg yang merupakan mantan walikota New York hingga Colin Powell yang merupakan mantan Menteri Luar Negeri di era Presiden Bush.

(DailyMail, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.