Video  

Ingin Ciptakan Perusahaan yang Kuat secara Komersial, Indosat dan Tri Lakukan Merger

ingin-ciptakan-perusahaan-yang-kuat-secara-komersial,-indosat-dan-tri-lakukan-merger

JAKARTA-KEMPALAN: Ingin menciptakan perusahaan telekomunikasi yang kuat dan besar secara komersial. Dua perusahaan telekomunikasi, PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) dan PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) resmi melakukan skema bisnis merger.

Secara definitif, merger merupakan istiliah yang cukup familiar dalam dunia bisnis. Merger ialah peleburan dua atah bahkan lebih perusahaan yang memiliki tujuan guna memiliki lini bisnis baru yang lebih luas. Secara teknis, merger acap kali dilakukan dengan mentransmisikan kepemilikan dengan bertukar surat kepemilikan (saham) dan pemayaran tunai.

Skema merger dari dua perusahaan telekomunikasi ini akan membentuk perusahaan inti bernama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk. Yang mana dikabarkan akan menjelma sebagai korporasi telekomunikasi yang memiliki skala pendapatan hingga 3 miliar USD atau setara dengan Rp 42,8 triliun.

Peleburan antara Indosat dan Tri memiliki output positif guna menambah value pada shareholder (pemilik saham), customer, dan khalayak secara umum. Secara khusus, merger ini juga akan memberikan layanan dalam konteks jaringan telekomunikasi yang lebih nyaman, affordable, dan canggih.

Pada dimensi global, merger ini akan meraup pendapatan dari operasi multinasional yang berada di berbagai negara dan benua. Seperti, Asia Pasifik, Eropa, Timur Tengah, hingga benua Afrika. Dengan begitu, Indosat dan Tri akan mendapatkan kucuran keuntungan yang berlimpah dari negara-negara di berbagai benua tersebut.

Proses negosiasi dan transaksi sangat dipengaruhi oleh para shareholder, Ooredoo Group (Indosat Ooredoo), dan CK Hutchison. Ditambah, konsensus dari pihak regulator dengan syarat-syarat, aturan, dan ketentuan yang berlaku. Jika semua sudah deal, maka di akhir tahun 2021, proses merger sudah dapat selesai. (Rafi Aufa Mawardi)

Editor: Freddy Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.