Video  

Rossi-Dovi Bersatu dari Misano

rossi-dovi-bersatu-dari-misano

MISANO ADRIATICO-KEMPALAN: Tidak ada lawan yang abadi. Demikianlah yang terjadi di antara dua pembalap MotoGP senior dari Italia, Valentino Rossi dengan Andrea Dovizioso pada akhir pekan ini.

Dovi (panggilan akrab Dovizioso) yang mencuri satu podium pertama di balik gelar juara dunia Rossi terakhir pada musim 2009, mulai akhir pekan ini akan bersatu dengan Rossi dalam tim Petronas Yamaha SRT.

Mulai dari Misano World Circuit Marco Simoncelli, Misano, status lawan menjadi kawan akan dijalani Rossi-Dovi. ’’Senang melihat Andrea sebagai rekan setim,’’ ungkap Rossi tentang kehadiran Dovi di timnya.

Sebagai sesama pembalap Italia, keduanya sudah saling kenal dan memiliki hubungan baik. ’’Kami juga rival. Karena, kami sudah saling bertarung di MotoGP sejak 2008, dan saya merasa kami sudah menjalani pertarungan-pertarungan yang bagus,’’ sambung Rossi.

Dovi sudah jadi salah satu pesaing Vale (sapaan akrab Rossi) sejak promosi ke MotoGP pada tahun 2008. Ketika itu, Dovi masih berstatus sebagai pebalap di tim Repsol Honda Team, dan Rossi di tim Fiat Yamaha Team.

Kali terakhir keduanya berbagi podium terjadi ketika GP Argentina di Rio Hondo, 2019. Dovi dan Rossi masing-masing berada di podium kedua dan ketiga di bawah juara dunia musim itu, Marc Marquez.

Atmosfer itulah yang menurut The Doctor (julukan Rossi) bagus untuk prospek Yamaha di MotoGP musim ini. ’’Dalam beberapa tahun, dia selalu jadi pembalap top dunia. Ini yang akan berguna bagi kami,’’ klaim Rossi yang tujuh tahun lebih senior dari Dovi.

Andrea Dovizioso setelah meneken kontrak dengan Petronas Yamaha SRT. Dia akan setim dengan Valentino Rossi. (foto: Motorsport)

Dengan bergabung setim bersama Rossi, maka Dovi akan mengendarai motor Yamaha YZR-M1. Uniknya, motor ini bukan motor yang asing bagi Dovi. Karena, sembilan musim yang lalu dia juga pernah menungganginya. Ketika itu dia membela Monster Yamaha Tech3.

Sayangnya dengan YZR-M1 dia tidak pernah mencicipi sekalipun podium selama musim itu. ’’Saya sudah penasaran ingin mengetahui bagaimana feeling Andrea dengan motor ini (YZR-M1),’’ sebut Rossi.

Dovi pun sudah menerima tantangan Rossi tersebut. Namun, diakuinya, itu tidak mudah. Apalagi sejak berpisah dari Yamaha pada 2012, sejak 2013 dia selalu menunggangi Desmosedici ketika membalap di bawah bendera Ducati Team sampai musim lalu.

’’Saya butuh sedikit waktu supaya bisa membiasakan diri dengan motor ini. Begitu pula dengan gaya membalap saya. Anda tidak akan bisa menggantinya dalam semalam. Tetapi, dalam lima balapan terakhir saya ingin melihat sejauh mana yang bisa saya lakukan,’’ tutur Dovi yang akan berada di tim tersebut sampai musim depan.

Sayangnya, Dovi takkan berlama-lama bergabung setim dengan Rossi. Itu karena musim ini akan jadi musim yang terakhir untuk Rossi menunggangi kuda besi dalam balapan MotoGP. Setidaknya, Dovi pernah berkawan dengan Rossi. (Crash, Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.