Video  

DK PBB Perpanjang Misi di Afghanistan

dk-pbb-perpanjang-misi-di-afghanistan

NEW YORK-KEMPALAN: Dewan Keamanan PBB secara absolut setuju untuk memperbarui kontrak badan asistensi di Afghanistan bernama United Nations Assistance Mission in Afghanistan (UNAMA) untuk enam bulan kedepan dengan tujuan untuk dapat menghadapi ketidakpastian yang ada di Afghanistan lebih lama semenjak Taliban mengambil alih Afghanistan.

Dokumen yang dirancang oleh Estonia dan Norwegia menekankan kembali pentingnya pembentukan pemerintahan yang inklusif dan keterwakilan. Selain itu, dalam dokumen tersebut dapat dilihat poin adanya partisipasi yang penuh dan setara bagi perempuan, anak-anak dan minoritas.

Dokumen ini dibuat sebagai buntut dari adanya pembentukan pemerintahan sementara Taliban yang diisi oleh sirkel Taliban dan asosiasinya dan tidak dilihat adanya perempuan ataupun perwakilan etnis lain.

Dalam dokumen yang disetujui pada Jumat (17/9), disetujui juga bahwa PBB akan melanjutkan misinya untuk memainkan peranan penting sebagai penjamin keamanan dan stabilitas di Afghanistan. Salah satu reporter Aljazeera mengatakan bahwa misi kemanusiaan di Afghanistan akan meningkat secara drastis kedepannya.

Banyak kekhawatiran…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.