Video  

Potensi Adanya Transfer Teknologi, Ketua DPR RI Dukung Indonesia Menjadi Pusat Vaksin Global

potensi-adanya-transfer-teknologi,-ketua-dpr-ri-dukung-indonesia-menjadi-pusat-vaksin-global

JAKARTA-KEMPALAN: Baru-baru ini muncul wacana yang perihal negara Indonesia akan menjadi poros dari pusat vaksin global. Puan Maharani selaku Ketua DPR RI melakukan dukungan kepada pemerintah untuk mewujudkan hal ini menjadi kenyataan.

Puan melihat banyak sekali manfaat jika Indonsia benar-benar menjadi poros global vaksinasi di dunia. Dari dimensi teknologi, Indonesia akan mendapatkan banyak sekali pasokan transfer teknologi dari produsen vaksin global. Hal ini juga beriringan dengan masuknya ilmu pengetahuan baru mengenai dunia kesehatan ke Indonesia.

“Langkah ini harus kita dukung demi pemerataan vaksin secara global dan juga transfer pengetahuan dan teknologi yang akan kita dapatkan,” ujar Puan Maharani dalam keterangan resminya, pada Jumat (16/9).

Politisi dari fraksi PDIP ini menuturkan, masuknya teknologi dan ilmu pengetahuan bertema kesehatan atau medis selaras dengan apa yang diucapkannya di dalam forum Fifth World Conference of Speakers of Parliament (5WCSP) di Austria, Minggu lalu.

Menurutnya, transmisi teknologi yang masif akan berbanding lurus dengan produktivitas secara mandiri oleh negara-negara berkembang dalam memformulasikan vaksin. Tentu saja ini sebagai suatu upaya untuk mengakselerasikan produktivitas vaksin secara menyeluruh.

“Kita harus berdikari dalam vaksin. Ketika cita-cita ini sudah tercapai, dampaknya untuk perekonomian nasional juga akan terasa,” tuturnya.

Mantan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia ini menilai, dengan transmisi teknologi dan pengetahuan akan melahirkan pertumbuhan dari Indonesia yang menjadi katalisator produsen vaksin global di wilayah Asia. Jika skema ini terwujud, maka sangat membantu Indonesia untuk berdikari dalam vaksinasi.

Ia berharap agar pemerintah mampu melakukan lobi kepada WHO untuk memertimbangkan Indonesia sebagai poros dari pusat vaksin global. Bargaining dari Indonesia menurut Puan juga cukup besar, sebab WHO melihat Indonesia sebagai negara yang sukses dalam mengatasi gelombang pandemi Covid-19 dengan varian delta nya. (Rafi Aufa Mawardi)

Editor: Freddy Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.