Video  

Resolusi Parlemen Eropa Desak Sanksi ke Lebanon

resolusi-parlemen-eropa-desak-sanksi-ke-lebanon

Eropa-Kempalan: Parlemen Eropa resmi mengadopsi resolusi yang mendesak Uni Eropa untuk memberikan sanksi ke Lebanon karena tindakan korupsinya yang memberikan banyak kerugian bagi warganya serta karena lalai dalam kasus ledakan di Pelabuhan Beirut dalam beberapa waktu silam.

Dalam votingnya pada hari Kamis kemarin (16/9), secara mayoritas yaitu 571 anggota parlemen dari 681 anggota setuju untuk meloloskan resolusi tersebut yang menyesali tindakan partai politik Lebanon yang melakukan korupsi hingga mengacaukan ekonomi negaranya dan membawa kesengsaraan bagi banyak warganya menuju kemiskinan. Selain itu, mereka juga mengutuk Lebanon yang sengaja memperlambat atau menghindari proses investigasi ledakan di Pelabuhan Beirut.

Dalam resolusi tersebut, yang diajukan oleh salah satu anggota parlemen bernama Christophe Grudler memaksa Uni Eropa untuk memberikan tekanan kepada partai politik di Lebanon.

“Kami mengetahui siapa yang bertanggung jawab terhadap krisis politik dan ekonomi di lebanon, semuanya berasal dari faksi yang sama. Semua menteri dan banyak petinggi politik yang korup” ucap Grudler melansir dari Aljazeera.

Selain itu, resolusi tersebut juga menyayangkan bahwa Lebanon menolak rencana pemberian bantuan dari IMF serta menghambat investigasi forensik pendanaan dan audit bank sentralnya.

“Kami memanggil semua negara anggota Uni Eropa, dan juga Britania Raya untuk bergerak bersama dan memberikan sanksi kepada para politikus dan petinggi partai yang korupsi di Lebanon serta adanya perlambatan investigasi kasus Pelabuhan Beirut serta menolaknya rencana pemberian bantuan IMF. Kami harus membekukan semua aset mereka dan memberikan larangan berpergian kepada siapapun yang terlibat. Kami harus bantu warga Lebanon” ucap Grudler.

(Aljazeera, Muhamad Nurilham)

Editor: Freddy Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.