Video  

Apple dan Google Resmi Hapus Aplikasi Navalny

apple-dan-google-resmi-hapus-aplikasi-navalny

Moskow-Kempalan: Dengan adanya tekanan dari Kremlin, pada akhirnya, Apple dan Google secara resmi menghapus aplikasi buatan orang yang paling ditakuti Putin, Navalny dari peredaran aplikasi. Dalam aplikasi tersebut, isinya adalah untuk memberi tahu para pemilih untuk memberikan siapa saja kandidat yang potensial untuk mengalahkan calon dari partai yang berkuasa pada saat ini yaitu United Russia.

Mulai hari Jumat (17/9) hingga tiga hari kedepan merupakan hari pemilihan di Rusia untuk memilih kandidat State Duma (Dewan Legislatif di Rusia) serta walikota. Partai United Rusisia selaku partai dominan mencoba untuk berkuasa kembali dan melanggengkan kekuasannya dengan cara apapun. Termasuk adanya “Imposter”, blokade web Navalny hingga pemberian status “Agen asing” kepada beberapa media independen di Rusia. Kemudian juga pemerintah Rusia ketar-ketir terhadap keberadaan aplikasi yang dibuat oleh Navalny karena dapat membahayakan rezimnya.

Pemerintah Rusia secara ketat terus menerus menekan siapapun pengguna dari aplikasi “Smart Voting” yang isinya merupakan strategi pemilu oleh Navalny untuk menggulingkan kekuasaan yang ada pada saat ini.

Apple dan Google juga mengalami tekanan yang serupa dari Kremlin untuk segera menarik peredaran aplikasinya. Jika tidak dilaksanakan, maka akan dikenakan hukuman sesuai dengan yang berlaku di Rusia. Upaya tersebut semakin berat dengan dipanggilnya Dubes AS untuk Rusia, John Sullivan untuk klarifikasi terhadap tindakan kedua perusahaan tersebut.

Pada kamis (16/9), perwakilan dari Google dan Apple diundang untuk mengadakan pertemuan dengan Federation Council (DPD versi Rusia) yang mengatakan bahwa kedua perusahaan tersebut harus tunduk dibawah hukum Rusia jika tidak ingin dikenakan denda.

Apple dan Google dianggap melakukan intervensi terhadap pemilu yang dilaksanakan oleh Rusia pada saat ini.

(APNews, Muhamad Nurilham)

Editor: Freddy Mutiara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.