Video  

Blinken: Kami Janji untuk Desak Negara Arab Normalisasi Relasi dengan Israel

blinken:-kami-janji-untuk-desak-negara-arab-normalisasi-relasi-dengan-israel

Washington D.C-Kempalan: Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken memberikan pernyataan pada Jumat (17/9) bahwa ia akan berjanji untuk mendesak negara Arab untuk segera menormalisasikan hubungan dengan Israel.

Blinken memberikan pernyataanya dalam pertemuan virtual dengan pihak Israel, Bahrain, Arab Saudi dan Maroko. Pertemuan ini menjadi pertemuan pertama pasca Perjanjian Abraham sekaligus peringatan hari jadi pertama. Perjanjian tersebut berisikan upaya-upaya negara Arab untuk memperkuat dan menjaga hubungan untuk menjaga perdamaian di Timur Tengah dengan asas saling mengerti, saling menguntungkan serta koeksistensi.

Pihak Israel yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri yaitu Yair Lapid mengatakan bahwa Israel akan mengunjungi Bahrain dalam waktu dekat di bulan ini sekaligus menjadi kunjungan pertama ke Bahrain dalam masa jabatannya yang baru dimulai tahun 2021. Ia juga mengatakan bahwa Perjanjian Abraham masih terbuka untuk menerima negara-negara yang ingin bergabung dalam perjanjian tersebut.

Blinken mengatakan bahwa perjanjian tersebut memberikan banyak keuntungan mulai dari ekonomi hingga lainnya. “Pihak kami berharap untuk tetap melanjutkan dan membangun kerja sama yang baik dengan semua pihak yang terlibat serta untuk melakukan normalisasi relasi lebih lanjut” ucap Blinken.

Ia juga menambahkan bahwa dirinya akan setia membantu Israel untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan Sudan, Mesir dan Yordania.

Kemudian di lain sisi, pihak Palestina mengatakan bahwa upaya AS dan adanya Perjanjian Abraham meruipakan salah satu pengkhianatan karena melemahkan posisi negara-negara Arab dengan memberikan pengakuan terhadap Israel.

(VoA, Muhamad Nurilham)

Editor: Freddy Mutiara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.